Yuk! Tau Lebih Dekat dengan Ciri khas Dangdut Pantura dan Asal Usulnya

Kompetisi Dangdut Primadona Pantura
Kompetisi Dangdut Primadona Pantura (MNCTV)

JABARNEWS | JAKARTA – Asal-usul tarling mulai muncul sekitar tahun 1931 di Desa Kepandean, Kecamatan/Kabupaten Indramayu. Namun, nama tarling pada saat itu belum digunakan sebagai jenis aliran musik. Dahulunya nama yang digunakan untuk menyebut jenis musik ini adalah Melodi Kota Ayu bagi wilayah Indramayu dan Melodi Kota Udang untuk daerah Cirebon.

Baca Juga:  Soal Kurikulum Nasional di 2021, Ini Kata Mendikbud

Tarling adalah salah satu jenis musik yang populer di wilayah pesisir pantai utara (pantura) Jawa Barat, terutama wilayah Indramayu dan Cirebon. Nama tarling diidentikkan dengan nama instrumen itar (gitar) dan suling (seruling) Pertunjukan tarling itu sendiri berupa musik dengan membawakan lagu-lagu gamelan Cirebon, seperti kiser, bendrong, waledan, dan sebagainya.

Baca Juga:  Banjir Rendam Ribuan Hektar Tambak Ikan di Indramayu, Adakah Asuransi?

Saat ini, aliran dangdut pantura sudah berkembang dan sangat digandrungi oleh para penikmat musik dangdut. Aransemen musiknya pun beragam diantaranya koplo, pop dut, house music, rock dut dan lainnya.

Baca Juga:  Pemudik Cianjur Diminta Diam Di Kampung, Jika Ngeyel Perhatikan Soal Ini

Bintang-bintang yang berhasil mengankat musik pantura juga masih tetap eksis diantaranya adalah Diana Sastra, Dian Anic, Anik Arnika dan masih banyak lagi.

Saksikan Primadona Pantura yang akan mulai tayang secara live pada Rabu, 18 Januari 2023. Hanya di MNCTV. Selalu di Hati.