Antisipasi Pencemaran, Warga Warungkiara Nagrak Cianjur Bersihkan Sungai Cisarua

JABARNEWS | CIANJUR – Warga Kampung Warungkiara RT 2/5, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur kota, Kabupaten Cianjur, keroyokan kerja bakti bersih-bersih daerah aliran sungai (DAS) Cisarua Leutik, Sabtu (21/8/2021) kemarin.

Ketua RT Warungkiara Handi Hermawan mengatakan, pelaksanaan gotong royong ini di beberapa titik lokasi yang dibersihkan. Seperti di depan Masjid, halaman Madrasah, terutama aliran sungai, juga bersama petugas lapangan Dinas PUPR Cianjur.

“Supaya sungai tidak tercemar dan gak ada sarang nyamuk. Dan, kini kerja bakti bersih-bersih,” katanya, kepada JabarNews.com.

Baca Juga:  Jokowi: Ada Kemungkinan Dunia Hadapi Varian Lain yang Lebih Menular

Handi menuturkan, kegiatan sosial ini dilaksanakan setiap Jumat seminggu sekali di sekitar lingkungan Kampung Warungkiara.

“Melaksanakan kebersihan ini untuk menyadarkan warga agar bisa sadar diri betapa pentingnya kebersihan di lingkungan sekitar,” ujar Ketua RT Kampung Warungkiara.

Masih ujarnya, hasil yang disampai telah dilaksanakan giat gotong royong pembersihan DAS.

Dia menyambungkan, bersama Kepala Desa (Kades), dan warga sekitar demi tercapainya lingkungan dan aliran sungai menjadi bersih dan terhindar dari terjadinya banjir dan antisipasi penyebaran berbagai penyakit. “Apalagi saat masih pandemi Covid-19,” ucap Handi.

Baca Juga:  Oded Inginkan Pemerintah Dapat Mengadirkan Tiga Hal Untuk Masyarakat

Dia menghimbau, kepada warga untuk tetap selalu disiplin dan mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Hal tersebut untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus Covid-19, khususnya di Cianjur.

“Berharap kearifan lokal rasa gotong royong saling memiliki untuk kesadaran lingkungan tertanam dan terjalin terus melalui bersih-bersih bisa ditanamkan sejak dini kepada generasi muda,” pungkasnya.

Baca Juga:  Harga Rokok Segera Naik

Terpisah, bagian lapangan petugas dari PUPR Cianjur Listio Budi Santoso berharap, kepada warga senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan di lingkungan masing-masing. Apalagi di aliran sungai harus selalu dijaga biar bersih, sehingga tak banyak tumpukan Sampah.

“Jagalah kebersihan jangan buang sampah sembarang apalagi ke sungai,” singkatnya. (Mul)