Atasi Kaki Sakit Dan Lecet Saat Memakai Sepatu Baru Dangan 4 Tips Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Kita ketahui bersama bahwa memakai sepatu yang sudah rusak dapat menyebabkan kaki menjadi sakit. Akan tetapi, memakai sepatu baru pun ternyata dapat menyebabkan masalah yang tak jauh berbeda. Ini mungkin membuat Anda menjadi serba salah bukan? Tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk mencegah kaki lecet karena memakai sepatu baru.

memakai sepatu baru memang akan membuat kaki Anda terasa sakit dan tak jarang akan menimbulkan lecet. Oleh karena itu, Anda perlu menyimak beberapa tips di bawah ini agar kaki Anda merasa nyaman dan tidak lecet saat menggunakan sepatu baru, di antaranya:.

1. Pastikan memilih sepatu yang sesuai ukuran, bentuk, dan aktivitas

Tahukah Anda bila ukuran kaki bisa berubah sewaktu-waktu? Seiring bertambahnya umur dan berat badan, ligamen dan tendon (jaringan ikat yang melekat pada sendi) akan melonggar menyebabkan kaki Anda menjadi lebih lebar dan meregang. Tentu ukuran kaki Anda yang lama tidak akan sama dengan yang sekarang. Jadi, pastikan ukuran kaki Anda terlebih dahulu sebelum membeli sepatu, terutama saat membeli sepatu lewat toko daring.

Baca Juga:  Kabar Baik! Ada Insentif Untuk Tenaga Kependidikan Non ASN di Kabupaten Bandung

Agar ukuran sepatu lebih akurat, cobah untuk mengukur kaki Anda di siang hari ketika Anda sudah banyak bergerak. Aliran darah yang lebih banyak mengalir ke tubuh bagian bawah membuat kaki Anda membesar. Ketika Anda beli sepatu di waktu ini, dijamin tidak akan kesempitan dan terasa sesak ketika dipakai lain kali.

Jangan beli sepatu di pagi hari saat Anda belum banyak melangkah bergerak. Hal ini bisa membuat sepatu terasa sempit dan sesak ketika terus dipakai selanjutnya, karena “cetakan” kaki awalnya adalah ukuran kaki yang masih kecil belum mengembang.

Jadi, saat Anda memilih sepatu jangan hanya terpaku pada model sepatunya saja. Carilah sepatu yang sesuai dengan ukuran dan bentuk kaki serta kegiatan Anda.

2. Jangan langsung dipakai

Sudah beli yang baru, Anda tentu tidak sabar lagi untuk memamerkannya ke dunia. Sayangnya, langsung pakai sepatu baru setelah membelinya bisa membuat kaki gampang lecet karena kaki Anda perlu menyesuaikan diri dengan ukuran sepatu tersebut. Apalagi jika Anda membelinya dengan ukuran yang pas. Lalu harus bagaimana?

Baca Juga:  Sambut Tahun 2019 Bersama Jabar News

Setelah Anda membeli sepatu, sebaiknya sumpal bagian dalam sepatu dengan kaus kaki tebal atau handuk kecil yang tebal agar sepatu bisa lebih longgar. Diamkan selama beberapa hari. Setelah Anda pastikan lebih nyaman, sepatu sudah siap Anda pakai tanpa khawatir membuat kaki Anda lecet.

3. Pakai antiperspirant untuk kaki

Kaki sering kali berkeringat. Semakin sibuk aktivitas harian Anda, semakin berkeringat kaki Anda. Keringat bisa membuat kaki lecet karena memfasilitasi gesekan antara kulit kaki dengan bahan bagian dalam sepatu.

Untuk mencegah kaki berkeringat dan akhirnya lecet, semprotkan antiperspirant pada telapak kaki dan angin-anginkan dulu sampai kering sebelum pakai sepatu.

4. Tempelkan plester luka pada kaki Anda

Jika Anda perlu segera pakai sepatu baru tersebut, tempelkan plester luka atau blister patch pada area kaki yang rentan bermasalah sebelum memakainya. Blister patch adalah plester khusus untuk mencegah kaki lecet yang biasa dijual di toko sepatu.

Baca Juga:  Berprestasi, 10 Kades Di Subang Diganjar Penghargaan

Caranya, pakailah sepatu terlebih dahulu setidaknya 30 menit. Dengan begitu, Anda tahu area mana yang terasa sakit dan bisa lecet. Biasanya, sih, tumit dan ujung-ujung jari. Kemudian, buka kembali sepatu dan pakaikan plester luka pada area kaki tersebut untuk membantali gesekan langsung antara sepatu dengan kulit kaki. Apabila sisi kaki Anda yang paling rentan lecet, sebaiknya gunakan kaus kaki tipis yang hanya menutupi sisi kaki.

Itulah tadi beberapa tips yang perlu Anda ketahui agar kaki merasa nyaman dan tidak lecet saat menggunakan sepatu baru. Semoga tips di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Hellosehat

Jabarnews | Berita Jawa Barat