Begini Cara Mencegah Infeksi Pada Luka Luar, Mudah Dilakukan

JABARNEWS | BANDUNG – Hampir setiap orang pernah mengalami luka pada tubuhnya. Luka ada yang kecil dan dangkal, hingga cukup dalam dan meluas (misalnya ulkus kulit). Namun, jangan anggap sepele jika mengalami luka ringan. Karena jika salah penanganan akan sebabkan infeksi.

Luka dapat terjadi kapan saja, misalnya saat berolahraga, atau saat melakukan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari atau setelah prosedur tertentu, misalnya sulam alis. Apalagi jika Anda tidak berhati-hati melakukannya. Tentunya dengan begitu kalian mesti tau cara mencegah infeksi pada luka.

Baca Juga:  Emil Instruksikan Kadishub Jabar Surati Perusahaan Bus

Oleh sebab itu berikut beberapa cara mencegah infeksi pada luka yakni:

Pertama. Cuci tangan sebelum membersihkan luka – Cara mencegah infeksi pada luka yang pertama kalian bisa melakukan cuci tangan sebelum menyentuh atau membersihkan luka.

Pastikan tangan dalam kondisi yang bersih dan steril. Cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, agar luka tidak terkontaminasi oleh kuman dan kotoran dari tangan.

Baca Juga:  Kapolres Purwakarta: Operasi Pekat Tahun 2019 Difokuskan Pada 5M

Kedua. Hentikan pendarahan – Jika luka masih mengeluarkan darah, hentikan pendarahan dengan cara menekan luka dengan kain kasa atau kain bersih secara perlahan. Tekan selama beberapa menit hingga pendarahan berhenti.

Ketiga. Bersihkan luka – Setelah perdarahan berhenti, bersihkan luka dengan cairan steril yang bersifat isotonis, seperti larutan saline (NaCl 0,9%), atau air steril (aquades) yang dialirkan secara perlahan.

Baca Juga:  Harga Jengkol Rp 60 Ribu Per Kilo Gram, Salip Harga Daging Ayam

Apabila pada luka terdapat kotoran yang menempel, bersihkan secara perlahan menggunakan pinset yang sudah disterilkan. Penggunaan sabun hanya untuk area sekitar luka, karena berisiko menyebabkan iritasi apabila mengenai luka.

Keempat. Gunakan perban dengan tepat – Untuk membantu proses penyembuhan, balutlah luka dengan perban menggunakan ukuran yang sesuai. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan menjaga luka dari penyebab infeksi. (Red)