Begini Cara Merawat kesehatan Bayi Yang Baru Lahir

JABARNEWS | BANDUNG – Bayi baru lahir sedang menghadapi masa transisi. Maka tidak heran jika kesehatan bayi di usia ini sedikit lebih rentan daripada bayi yang usianya lebih tua.

Upaya menjaga kesehatan bayi sejak usia satu hari itu penting, karena masalah kesehatan yang ia alami di usia ini bisa berdampak jangka panjang.

Oleh karena itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa cara menjaga kesehatan bayi yakni:

Baca Juga:  Pemkab Majalengka Janjikan Atlet Berprestasi Jadi Pegawai BUMD ‎

Pertama. Mencuci tangan – Setiap kali kamu akan menyentuh bayi, usahakan untuk membersihkan tangan. Meski tak terlihat, tangan membawa berbagai macam bakteri dan bahkan virus yang bisa menyerang bayi saat kamu menyentuhnya. 

Hal yang sama juga berlaku setelah kamu menyentuh bayi, seperti memberi makan atau bahkan mengganti popoknya.

Kedua. Mensterilkan botol susu – Jika sang bayi mendapatkan susu dalam botol, sangat penting untuk mensterilkan botol susu dengan benar. Merebus botol dalam air adalah cara yang tepat untuk mensterilkan botol susu. 

Baca Juga:  Ridwan Kamil Sebut Ekonomi Kreatif Berperan Besar Bagi Perekonomian Jabar

Cara ini dapat membunuh sebagian besar kuman yang berbahaya bagi sang bayi. Cara ini baik untuk botol yang terbuat dari kaca. Bagi botol plastik, cara ini tidak dianjurkan kecuali bahan yang digunakan aman untuk air mendidih.

Baca Juga:  Ini Tips Dari BI Agar Tak Ditipu Uang Palsu

Ketiga. Membersihkan mulut bayi – Memang benar bayi tidak memiliki gigi, tetapi ini bukan berarti kamu mengabaikan kebersihan mulutnya. Karena mulut sang bayi masih sangat halus dan sensitif, bersihkan mulutnya dengan menggunakan kain lembut. 

Cara ini membantu membersihkan sisa makanan yang tersisa dalam mulutnya. Ini cukup efektif untuk mencegah infeksi jamur pada lidah sang bayi. (Red)