Begini Cara Wali Kota Bandung Ajak Warganya Disiplin

JABARBEWS | BANDUNG – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, mengatakan, saat ini mengajak warga Bandung untuk berdisplin cukup sulit, kendati punsihment (sanksi) terus diberikan.

Karenanya Oded ingin mencoba mengajak masyarakat berdisiplin dengan cara memberikan penghargaan (reward).

“Hari ini gagasan dari Dishub dan auto 2000 Cibiru menyelenggarakan secara simbolis memberikan reward berupa voucher senilai Rp. 500 ribu buat para pengedara yang disiplin di persimpangan,” jelas Oded, usai launching pemberian reward kepada pengguna jalan yang tertib lalu lintas di Persimpangan Jalan Aceh, Bandung, Rabu (26/12/2018).

Baca Juga:  KPU Kota Bandung: Semoga Kampanye Damai Direspon Positif

“Ini saya berharap agenda ini bisa mampu mendorong masyarakat Kota Bandung yang punya kendaraan yang berlalu lintas semakin disiplin jadi kita tidak melihat soal nilainya tapi sesungguhnya ini adalah upaya kami melaksanakan reward and punishment,” paparnya.

Ke depan Oded ingin reward lebih diberikan ke masyarakat bukan punishmentnya saja. Kata dia, ke depan, jangan sedikit-dikit punsihment.

Baca Juga:  Tsunami Selat Sunda, Ini Ungkapan Bela Sungkawa Ketua DPRD Jawa Barat

Dengan reward tersebut mudah-mudahan bisa mendorong masyarakat Kota Bandung semakin disiplin.

Oded juga berharap sebagai leading sector, Dishub mencari lagi CSR seperti auto 2000 Cibirub untuk berkolaborasi dengan Pemkot.

Kriteria mendapat reward sendiri, kata Oded, yang disiplin. Pertama, disiplin tidak melanggar zebra cross. Ada kelihatan juga di cctv, memakai helm harus diklik. Membonceng anak di depan pakai helm dan lainnya.

Baca Juga:  Hari Pertama Pelaksanaan Tes CPNS, Peserta Lulusan ITB Raih Nilai Tertinggi

Untuk saat ini, baru voucher dan kaos-kaos.

“Saya kira yang terpenting kita melihat ini inovasi gagasannya. Ini harus terus kita tumbuhkan. Sehingga kita mengelola Bandung ke depan dengan inovasi yang sifatnya mengembirakan bukan yang buat cemberut,” ungkapnya. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat