Beredar Hoaks Terkait Bendungan Jatiluhur dan Walahar, Begini Kata PJT II

JABARNEWS | PURWAKARTA – Maraknya peredaran berita palsu (hoaks) yang terjadi di masyarakat mengenai tampungan Bendungan Jatiluhur dan Bendung Walahar, disikapi Perum Jasa Tirta II.

Dalam keterangan tertulisnya, Sekretaris PJT II, Nandang menginformasikan bahwa sampai saat ini kondisi Bendungan Ir. H. Djuanda (Jatiluhur) masih sangat aman dan kondusif.

Baca Juga:  Pohon Tumbang Tutup Jalur Wanayasa-Purwakarta, Arus Lalu Lintas Sempat Lumpuh

“Kami informasikan pada Sabtu, 20 Februari 2021, pukul 13.00 WIB, tinggi muka air waduk berada pada elevasi +96,53 mdpl. Artinya, masih jauh dari elevasi normal untuk menampung air pada +107 mdpl,” ujar Nandang melalui rilisnya, pada Minggu (21/2/2021).

Baca Juga:  Aher Pastikan Semua ASN Jabar Sejalan Dengan Ideologi Pancasila

Dijelaskannya, adapun video yang beredar di akun instagram infokrw dengan judul Pantauan Terkini Terkait Debit Air Bendung Walahar, Sabtu (20/2/21) adalah tidak benar.

“Video tersebut merupakan kondisi Bendung Cibeet yg terletak di Bekasi, yang memang dalam status awas pada Sabtu, 20 Februari 2021, pukul 13.00,” papar Nandang.

Baca Juga:  Peningkatan Daya Saing Indonesia Tertinggi di Asia

Dirinya pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap berita palsu atau hoaks yang telah dihembuskan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

“Demikian disampaikan, untuk menjadi informasi yang benar tentang kondisi tersebut,” pungkasnya. (Gin)