Bingung Memilih Jurusan Saat Hendak Masuk Kuliah? Lakukan Cara Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi beberapa siswa yang sudah mulai memasuki fase tingkat pendidikan tinggi, memilih jurusan terasa sedikit seperti tantangan. Ada yang masih dilema memilih diantara dua, ada yang masih bingung ingin terjun ke bidang yang mana, dan bahkan masih ragu dengan satu pilihan yang dimiliki. Banyak dari mereka yang masih bingung memilih jurusan kuliah.

Sementara itu, jurusan kuliah sangat penting untuk kedepannya. Jurusan kuliah merupakan fondasi kamu untuk melewati langkah selanjutnya. Dengan belajar di jurusan yang tepat, kamu bisa fokus untuk mengembangkan potensimu dan juga memahami rencana karir untuk di masa depan.

Baca Juga:  Industri Rumahan Tembakau Sintetis di Bogor Terungkap, Tiga Pelaku Ditangkap

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa cara memilih jurusan saat masuk Kuliah yakni:

Pertama. Lakukan riset dalam mencari jurusan – Buatlah daftar beberapa jurusan yang menarik minatmu dan juga yang paling mendekati. Pertimbangkanlah setiap pilihan yang ada dalam daftar.

Setelah kamu review baik-baik, kamu bisa mencoret jurusan yang sekiranya tidak sesuai denganmu. Nah, setelah itu, tersisalah jurusan yang mungkin sesuai dengan preferensi. Jangan lupa, kamu juga harus mencari tahu kualitas jurusan tersebut di universitas yang akan kamu tuju.

Baca Juga:  Wajah Terlihat Lebih Muda Dengan Trik Makeup Ini

Kedua. Ketahui Nilai Kemampuan di Sekolah – Periksa kembali nilai-nilai yang kamu dapatkan saat di sekolah. Nilai mata pelajaran manakah yang mendapatkan nilai paling baik dan juga selalu meningkat.

Cara ini juga berguna untuk menemukan program studi yang berkaitan dengan nilai tersebut. Misalnya nilai yang paling baik adalah Matematika, kamu bisa memilih jurusan Matematika ataupun yang masih berhubungan.

Baca Juga:  Tanggulangi Sampah, Pemkot Bandung Resmikan TPS Tegallega

Ketiga. Ketahui Keuntungan dan Konsekuensi Pilihan – Dalam memilih sebuah jurusan, pastikan kamu tahu secara jelas apa saja yang akan kamu hadapi saat perkuliahan nanti. Kalau kamu sudah siap dengan hal tersebut, kamu pasti mampu menerima konsekuensinya.

Sebagai contoh, kamu mengambil jurusan Animal Husbandry dimana kamu pasti akan menemui kegiatan yang melibatkan kontak dengan berbagai binatang, ataupun Medical dimana kamu akan menjalani kegiatan praktik yang pastinya berbau medis. (Red)