Cara Mengatasi Overthinking, Salah Satunya Lakukan Aktivitas Yang Disukai

JABARNEWS | BANDUNG – Apakah kamu termasuk orang yang suka memikirkan sesuatu secara berlebihan? Jika ya, bisa jadi kamu termasuk orang yang overthinking. Orang yang overthinking biasanya suka menghabiskan waktu berjam-jam untuk memikirkan hal sepele atau yang belum tentu bermanfaat.

Memikirkan sesuatu sebelum bertindak merupakan hal baik, namun jika dilakukan secara berlebihan justru akan merugikan dirimu sendiri. Bukan hanya waktu, energi juga akan terkuras dan tidak mendapatkan apa-apa.

Baca Juga:  Awas! Majalengka Siap-siap Go Public

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut cara mengatasi overthinking yakni:

Pertama. Berhenti sejenak dan cari penyebabnya – Hal paling utama yang harus dilakukan adalah menyadari bahwa kamu memiliki kebiasaan overthinking. Setelah itu berhentilah sejenak dan tenangkan pikiran. Langkah selanjutnya yaitu cari sumber masalah yang selama ini bersarang di kepala.

Apakah itu masalah pekerjaan, hubungan, keluarga atau lainnya? Jika perlu tulislah apa yang kamu pikirkan, kemudian baca satu per satu. Lalu temukan pikiran-pikiran yang sebenarnya tidak perlu dan coret dari daftar tersebut.

Baca Juga:  Ribuan Siswa Ikuti Vaksinasi di SMK 45 Lembang, Ada yang Pingsan Takut Disuntik

Kedua. Cobalah untuk berpikiran terbuka – Membuka pikiran bisa membantumu mencari solusi dari permasalahan yang ada. Lihat masalah yang sedang kamu hadapi dari sudut pandang lain.

Buang jauh-jauh pikiran negatifmu dan ganti dengan selalu berpikir positif. Selain dapat menemukan solusi, hal ini dapat membantumu melupakan pikiran yang tidak penting.

Baca Juga:  Tips Long Weekend Menyenangkan dan Hemat

Ketiga. Melakukan aktivitas yang disukai – Anda juga bisa mengatasi sikap overthinking dengan melakukan berbagai hal yang disukai, mulai dari memasak, melukis, atau memutuskan untuk olahraga.

Pasalnya, olahraga memberi manfaat pada kesehatan otak dengan membantu membebaskan pikiran Anda dari pikiran yang negatif dan otak akan teralihkan sejenak dari pemikiran yang tidak penting. (Red)