Emil: Setiap Destinasi Wisata Dapat Kucuran Dana Rp. 30-50 Miliar

JABARNEWS | BANDUNG – Program Pariwisata menjadi salah satu program unggulan dari pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Moch. Ridwan Kamil (Emil) dan Uu Ruhazanul Ulum.

Menurut Emil, dirinya telah membagi program pariwisata di Jawa Barat menjadi tiga tipe.

“visi misi pasangan Rindu ini ada program pariwisata tiga tipe. Tipe satu memperbaiki akses, tipe dua adalah membuat destinasi tempat baru pariwisata, tipe tiga adalah membuat KEK (kawasan ekonomi khusus) seperti Nusa Dua,” kata Emil, di Sabuga Kota Bandung, Kamis (13/9/2018).

Baca Juga:  Jurnalis Majalengka Galang Dana Peduli Tsunami Banten dan Lampung

Emil mengungkapkan, dari setiap destinasi wisata pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp. 30 miliar sampai Rp 50 miliar.

“Duitnya cuman ada segitu dulu. Kan ada 26 kota lain yang saya harus beri bantuan,” kata Emil.

Dikatakannya, dalam waktu dekat program wisata yang akan dikerjakan adalah revitalisasi Sungai Kali malang di Bekasi. Emil mengaku, telah melakukan survey dan melihat potensi besar di sungai tersebut.

Baca Juga:  Pening, Banjir Kembali Landa Cirebon

“Kali Malang ini masuk ke dalam master plan tipe dua. Kalau punya danau-danaunya dibetulkan, kaya Situ Bagendit di Garut,” paparnya.

Terkait destinasi tipe dua lainnya, Emil masih menunggu usulan Kota/Kabupaten.

“Kalau ada tempat lain pasti kita perbaiki,” kata mantan Wali Kota Bandung tersebut.

Baca Juga:  Adrianus Asia Sidiot: Perlunya Revisi UU Guru dan Dosen

Terkait dengan masalah pencemaran di Sungai Citarum , Emil mengatakan, akan segera mengadakan rapat bersama dengan Satgas Citarum pada minggu ini.

“Ya saya jadi pemimpin kan jadi keranjang masalah. Masalahnya diteliti dulu, kita rundingkan multidimesi tidak bisa hanya dari perspektif pengusaha, teknik lingkungan, masyarakat, dan lain-lain tentulah akan dicarikan solusinya,” pungkapnya. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat