Empat Desa Di Purwakarta, Sudah Deklarasi Bebas Narkoba

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bermula dari keinginan sejumlah warga Purwakarta agar wilayah desanya terbebas dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Dalam waktu satu bulan, sudah ada empat desa di Purwakarta yang mendeklarasikan desanya sebagai desa bersinar (bersih dari narkoba).

Saat ditemui di ruangan kerjanya, Kasat res narkoba Polres Purwakarta, AKP Heri Nurcahyo mengatakan, desa bersinar pertama deklarasi pada awal Oktober 2018 lalu.

“Saat ini baru empat yaitu di Desa Karyamekar, Cikadu, Cibatu di Kecamatan Cibatu dan satu desa di Kecamatan Wanayasa yaitu Desa Legokhuni. Desa bersinar yang kelima sedang bersiap, sebentar lagi,” kata Heri saat ditemui di Mapolres Purwakarta, Kelurahan Ciseureuh, Purwakarta, Jumat (16/11/2018).

Baca Juga:  Dalami Kasus Suap Banprov Indramayu, KPK Cecar Wakil Ketua DPRD Jabar

Ia pun berharap bahwa kedepannya minimal ada satu desa di satu kecamatan di Purwakarta yang menjadi desa bersinar.

Heri menargetkan ada 17 desa yang menyatakan bersih dari peredaran maupun penggunaan berbagai jenis narkoba.

Dia menyebut bahwa adanya sejumlah desa bersinar adalah bukti masyarakat Purwakarta proaktif atas pemberantasan barang haram.

Baca Juga:  Wagub Uu Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Pelabuhan Patimban

“Kalau untuk semua desa di Purwakarta sepertinya akan berat. Tapi dengan adanya desa bersinar bukti kesadaran masyarakat akan bahaya narkoba,” ucapnya.

Bahkan, meski baru empat desa, Heri mengaku desa bersinar di Purwakarta memiliki jumlah desa bersinar terbanyak di Jawa Barat.

“Awal mula hadirnya desa bersih dari narkoba itu saat pihaknya menggelar sosialisasi bahaya narkoba,” kata Heri

Baca Juga:  Jabar Jadi Provinsi Pertama Konversi Kompor Gas ke Listrik

Tidak lama setelah sosialisasi, tambah dia sejumlah warga yang desanya telah mendapat sosialisasi P4GN meminta untuk mendeklarasikan desanya anti narkoba.

Selain itu, ia pun mengimbau kepada aparat desa mulai dari RT hingga Kades atau lurah untuk bisa sama-sama aktif memberantas peredaran narkoba.

“Setelah di Cibatu, lalu menyebar dan aparat desa lainnya berkeinginan melakukan hal yang sama. Tujuannya untuk menciptakan lingkungan yang bersih dari narkoba,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat