Ini Bahayanya Jika Kalian Sering Mengucek Mata Ketika Terasa Gatal

JABARNEWS | BANDUNG – Ketika mata kalian terasa gatal biasanya kebanyakan orang mengucek matanya, Hal tersebut terjadi karena bagian dari refleks saat mata gatal.

Namun, hal tersebut ternyata dapat berdampak buruk bagi mata kalian. Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkul beberapa bahayanya jika mengucek mata yakni:

Pertama. Kornea Tergores Bulu mata atau debu yang menempel di mata bikin Anda tergoda untuk mengucek mata. Bukannya baik, hal ini justru bisa menyebabkan tergoresnya kornea mata Anda bahkan menyebabkan luka pada kornea.

Baca Juga:  Emil Janji Akan Bantu Ongkos Produksi Perfilman

Daripada mengucek, lebih baik gunakan air bersih atau tetes mata yang mengandung air mata buatan untuk membilas mata Anda agar bersih seperti sedia sebelumnya.

Baca Juga:  Dapur Bambu Puluhan Juta, Hangus Terbakar

Kedua. penyakit Mata yang Serius – Bahaya mengucek mata yang kedua yakni munculnya penyakit mata, Mengucek mata berulang kali dapat mengakibatkan melemahnya kornea dan distorsi kornea yang disebut keratoconus.

Jika kerusakan kornea yang terjadi cukup parah, Anda mungkin memerlukan transplantasi kornea agar kondisi mata bisa kembali seperti semula. tentunya hal tersebut sungguh membahayakan diri kalian.

Baca Juga:  Pemuda Harus Berkontribusi Dalam Pembangunan

Ketiga. Infeksi Mata – Bahaya mengucek mata yang kedua yakni Infeksi mata. Meski terlihat bersih dan sudah dicuci, kuman tak akan hilang sepenuhnya dari tangan Anda.

Menurut American Optometric Association, menyentuh mata dengan tangan dapat mentransfer kuman-kuman jahat. Hal paling ringan yang bisa terjadi sebagai akibatnya adalah konjungtivitis atau mata merah. (Red)