Ada-ada Saja … Ratusan Poster “Raja Jokowi” Beredar Di Kabupaten Bandung

JABARNEWS | KAB. BANDUNG – Setelah beredar di Jawa Tengah, kini poster bergambar “Raja Jokowi” juga terdeteksi beredar luas di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Poster bergambar Jokowi mengenakan mahkota raja itu ditemukan Tim Kampanye Daerah (TKD) Kabupaten Bandung di Kecamatan Soreang. Poster-poster itu kemudian diamankan di Kantor DPD PDI Perjuangan Kabupaten Bandung.

Wakil Direktur Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin Kabupaten Bandung, Widi Cakrawan, mengatakan, satu pekan ini, TKD dibantu DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung sudah menertibkan atribut yang dipasang oleh orang tak bertanggung jawab itu.

Baca Juga:  Targetkan Emas, Atlet Panahan Rajin Berlatih

“Sampai Rabu, 14 November ini kami sudah menertibkan lebih dari 100 poster tersebut dengan cara dicopot,” kata Widi, dikutip iNews.id, Jumat (16/11/2018).

Dikatakan Widi, TKD maupun nasional memastikan tidak pernah mengeluarkan desain kampanye dengan model Jokowi menggunakan mahkota raja.

Poster-poster itu, lanjutnya, bukan atribut kampanye resmi sehingga dipastikan itu ilegal dan bertujuan membuat citra negatif terhadap Jokowi.

“Simbol Jokowi mengenakan mahkota raja itu mempersepsikan bahwa Jokowi seorang raja yang jauh dari demokratis. Padahal kan tidak seperti itu,” ujar Widi.

Baca Juga:  Satu Tahun Program Citarum Harum, Emil: Optimistis

“Saat ini tim sedang membahas soal kemungkinan melaporkan temuan tersebut poster ilegal itu ke Bawaslu Jabar. Kami akan coba berkoordinasi dengan Bawaslu Jabar soal temuan ini,” tambahnya.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung, Deky Hiswanto, mengatakan, sudah mengintruksikan seluruh kader di Kabupaten Bandung untuk menertibkan poster dan baliho tersebut.

“Ini bentuk kampanye hitam yang ingin mendiskreditkan PDI Perjuangan karena pemasangan baliho ini bukan oleh PDI Perjuangan. Kami tengah mengadvokasi temuan-temuan tersebut dan akan melaporkannya ke DPD PDI Perjuangan Jabar dan DPP,” imbuhnya.

Baca Juga:  Warga Cirebon Tewas di Pintu Perlintasan Kereta Api Subang

Diketahui, sebelumnya, poster bergambar “Raja Jokowi” tersebar masif di sejumlah daerah di Jawa Tengah. Saat DPD PDI Perjuangan Jateng merazia poster tersebut, lebih dari 700 poster di beberapa titik di Kabupaten Rembang dicopot.

“Kita sudah mencopot 700-an poster dari enam kecamatan. Padahal masih ada delapan kecamatan lain yang belum kita sisir,” kata Ketua DPC PDIP Rembang, Sumadi dikonfirmasi, Senin (12/11/2018). (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat