Kabar Hoax Vaksinasi Covid-19 Bisa Bikin Mandul, Ini Penjelasannya

JABARNEWS | BANDUNG – Belakangan ini beredar kabar Hoax di kalangan masyarakat Jawa Barat mengenai Rapper, Nicki minaj yang mengatakan sepupunya impoten setelah vaksinasi dalam cuitan Twitternya Pada (14/09/2021).

Siber Hoax yang dibentuk oleh Pemerintahan Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) ini bertugas untuk menangkal informasi hoax seperti itu.

Pada awalnya, Nicki minaj mencuit di Twitter bahwa dirinya tidak datang ke Met Gala karena tidak vaksinasi Covid-19.

Baca Juga:  Enam Kecamatan di Purwakarta Rawan Bencana Longsor, Dimana Saja?

Beberapa hari berikutnya, ia mengungkap bahwa teman sepupunya menjadi impoten setelah mendapat vaksin.

Dilansir dadari suara.com, cuitan tersebut tentu bikin masyarakat yang sangat waspada terhadap vaksin semakin khawatir.

Namun, para ahli telah mengatakan bahwa vaksin Covid-19 sebenarnya aman untuk ibu hamil serta tidak mempengaruhi kesuburan. Ada badan penelitian untuk mendukung pernyataan para ahli.

Baca Juga:  Massa Unjuk Rasa Tolak Deklarasi #2019 Ganti Presiden

“Vaksin Pfizer dan Moderna aman untuk wanita hamil dan calon bayi mereka. Belum ada penelitian medis yang menunjukkan vaksin Covid-9 mempengaruhi kesuburan atau kehamilan,” jelas Dr. James Byrne, ketua departemen kebidanan dan ginekologi Santa Clara Valley Medical Center di San Jose, California.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mendorong semua orang yang usianya 12 tahun ke atas, termasuk wanita hamil dan yang sedang menjalani program hamil untuk vaksinasi Covid-19.

Baca Juga:  Ribuan Umat Hadiri Tabligh Akbar Ustadz Abdul Somad

“Pada titik ini, informasinya jelas. Vaksinasi adalah cara terbaik untuk melindungi diri dan keluarga Anda,” imbuhnya.

Hoax yang beredar di media sosial berbunyi vaksin Covid-19 mengandung protein yang sama seperti di plasenta, yakni syncytin-1. Takutnya, ketika antibodi Covid-19 menyerang virus, mereka juga akan menyerang protein di plasenta tersebut. (Red)