Kado 2019, Desa Kasomalang Subang Terpilih Jadi Kampung Alquran

JABARNEWS | SUBANG – Sambut pergantian tahun 2018 ke 2019, Kepala Desa Kasomalang Kulon yang terpilih, H. Amirudin bekerjasama dengan para tokoh masyarakat menggelar acara Training Mudah hapal Alquran.

Acara yang digelar di Masjid Al-Barokah, Kampung Rancasari, RW 07, Desa Kasomalang Kulon, Kecamatan Kasomalang, Subang, Minggu (30/12/2018) ini mendapat apresiasi dari masyarkat setempat.

Menurut H.Amir -panggilan akrabnya-, Program Kampung Quran merupakan salah satu program unggulan, yang mana targetnya minimal seorang/RW di desanya mampu menjadi hafidz/hafidzah 30 juz. “Masa dari sekian ribu warga belum ada yang mampu menjadi hafidz/hafidzah 30 juz, saatnya masyarakat Kasomalang Kulon bangkit untuk mencetak generasi Qurani,” ungkap H Amir, Minggu (30/12/2018).

Menurutnya, Program Kampung Quran ini baru salah satu program unggulan Desa Kasomalang Kulon, ada program-program unggulan lainnya. Di antaranya, kampung internet, kampung lestari, Kampung Seni Budaya dan Parawisata dan program-program yang lainnya juga.

Baca Juga:  Pukul Mahasiswa Dua Anggota Geng Motor di Majalengka Ditangkap

Namun seberapa pun bagusnya program tersebut tanpa dukungan dari seluruh masyarakat tidak akan terwujud dengan baik, maka kini masyarakat Kasomalang Kulon harus “Sauyunan” jargon ini selaras dengan jargon pemerintahan sekarang yaitu “Rakyat Subang Gotong Royong, Subang Jawara”.

“Nah, dengan cara pendekatan nilai nilai budaya sunda yang punya pepatah, silih asah, silih asih, silih asuh, ini kuci menuju harapan NATA DESA RASA KOTA Desa Kasomalang Kulon, mudah mudahan akan segera terwujud,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua RW 07, Nanang mengaku sangat bersyukur sekali dengan adanya Program ‘Training Mudah Hafal Quran’ yang diselenggarakan di wilayahnya.

Baca Juga:  Usai Kampanye Akbar 'PASTI' Pungut Sampah

Program Kampung Quran yang diawali di Kampung Rancasari dan diinisiasi kepala desa ini, bagi warga merupakah anugerah yang luar biasa. “Pastinya, kami merasa tersanjung diberi kepercayaan sebagai langkah awal program tersebut. Semoga program ini bisa diikuti dan dikembangkan di beberapa RW yang lainnya,” harapnya.

Secara terpisah Ketua FKGN (Forum Guru Ngaji) Desa Kasomalang Kulon Ust Aef Saepudin memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk menyambut Progam Kampung Quran ini. Ia berharap, langkah awal yang perlu didukung seluruh lapisan masyarakat untuk kemajuan generasi kita di masa yang akan datang.

Baca Juga:  Python Rescue Bandung, Berikan Edukasi Reptil Pada Masyarakat

“Kesedihan bagi saya, melihat generasi kita ini sudah mulai jauh dari Quran tapi lebih dekat dengan HP main game, generasi kita jauh dari mesjid tapi lebih dekat dengan tempat hiburan. Maka saya berharap Program Kampung Quran ini didukung sepenuhnya supaya jadi ikon tersendiri di desa tercinta,” kata Aef.

Ia menambahkan, Ketua pelaksana ‘Training Mudah Hapal Quran’ Ust.Uus Khoeruddin mengatakan, terlaksananya pelatihan program ini, untuk menciptakan generasi kita mencintai Alquran, bukan sekadar bacaan tapi harus menjadi pedoman hidupnya.

“Saya berharap program ini terus berlanjut dan bisa membuat Pondok Pesantren Alquran di Desa Kasomalang kulon ini, supaya kampung ini hidup dengan Quran,” ucapnya. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat