Kekuatan Pancasila Persatukan Perbedaan

JABARNEWS | BANDUNG – Sekertaris Jenderal DPD PDIP Jawa Barat, Abdy Yohana menyampaikan bahwa Pancasila mempunyai suatu kekuatan yang dapat mempersatukan segala perbedaan yang ada di Indonesia. Maka dari itu, penting menurutnya masyarakat Indonesia untuk meyakini hal tersebut.

“Kita harus yakin pada Pancasila yang mampu mempersatukan segala perbedaan di Indonesia, diluar itu saya tidak yakin Indonesia akan utuh,” katanya saat menjadi salah satu narasumber di Diskusi Panel bertema “Implementasi Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Dalam Sudut Pandang Nasional, Akademik, Budaya, dan Agama” di Museum Lapas Banceuy, Kota Bandung, Sabtu (14/7/2018) malam.

Baca Juga:  HMI Bandung: Jawa Barat Darurat Pangan

Lanjutnya, masyarakat Indonesia perlu memahami dasar Pancasila sebagai ideologi bangsa yang bertujuan untuk keadilan dan kemakmuran.

“Ideologi merupakan bintang penuntut menurut Soekarno, tujuannya untuk masyarakat yang adil dan makmur,” jelasnya.

Baca Juga:  Dewan Pers Bentuk Satgas Media Online, Berantas Jurnalis Abal-abal

Selain itu, menurutnya masyarakat harus berpegang teguh pada Pancasila ditengah gempuran ideologi asing yang dapat memecah belah kesatuan Indonesia.

“Kita sedang dikepung dengan dua ideologi lain, radikalisme agama dan liberalisme karena Indonesia ini sangat strategis untuk pasar. Konsensus sebagai kesepakatan bersama sebagai perekat kita bersama dalam bernegara,” pungkasnya. (Ted)

Baca Juga:  Berikut Beberapa Nama Terkenal Pemeran Film Ghost in the Shell