Lapas Purwakarta Kukuhkan Duta Hukum-HAM

JABARNEWS | PURWAKARTA – Memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Se-Dunia ke -70 Tahun. Lapas Kelas IIB Purwakarta mengukuhkan Forum Pelajar Sadar Hukum-HAM (FPSH-HAM) SMA Negeri 3 Purwakarta sekaligus menobatkan Duta Hukum dan HAM Pelajar Jawa Barat, Senin (10/12/2018)

“Hari ini akan menjadi awal yang baru bagi pelaksnaan HAM di Indonesia, khususnya Jawa Barat karena generasi mudanya, para pelajar SMA Negeri 3 Purwakarta akan menjadi pelopor tegaknya kembali HAM. Mari, bersama-sama kita gelorakan Jawa Barat Tolak Intoleransi,” ucap Kalapas Purwakarta, Suprapto, melalui Kasi Binapi Giatja, Asep Saripudin.

Baca Juga:  Jokotri Komitmen Bantu Penyandang Disabilitas Agar Berdaya Secara Ekonomi

Selanjutnya, Duta Hukum-HAM, pengurus FPSH-HAM yang dikukuhkan, perwakilan kelas dan guru pendamping tersebut diberikan pembekalan kesadaran Hukum-HAM.

“Ini juga sesuai amanat dan arahan Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Bapak Ibnu Chuldun,” ungkapnya.

Baca Juga:  22 Ribu Reklame Di Kota Bandung Tak Berizin

Selain pengukuhan Duta Hukum-HAM, pihaknya juga memberikan pemahaman hukum kepada para siswa di sekolah.

“Ini juga untuk menjauhkan siswa dan siswi ini dari perbuatan-perbuatan melawan hukum sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Asep.

Kepala SMA Negeri 3 Purwakarta, H. Wawan Rahwan, mengatakan, SMAN 3 Purwakarta telah mengimplementasikan kesadaran hukum dan toleransi, tidak membeda-bedakan agama, suku, budaya, dan ras.

Baca Juga:  Kakek Didi, Warga Cianjur yang Hidup Sebatangkara di Gubuk Mulai Dapat Bantuan

“Saya harap ke depannya dengan adanya forum ini bisa lebih menerapkan kesadaran hukum dalam aktivitas pendidikan. Tak hanya itu, diharapkan agar generasi melek hukum dan jauhi pelangggaran hukum,” paparnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat