Peduli Anak Bangsa, Tomas Garut Bentuk Bang Japar

JABARNEWS | GARUT – Merasa tergerak untuk menyelamatkan anak bangsa dari bahaya narkotika dan tindak kekerasan. Sejumlah tokoh masyarakat Garut mengukuhkan kepengurusan organisasi masyarakat Kebangkitan Jawara dan Pengacara ( Ormas Bang Japar).

Pengukuhan digelar di kediaman Adjat Sudrajat selaku Komando wilayah dan dihadiri tokoh pendidikan yang juga ketua PGRI Banyuresmi Garut Mamun Gunawan.

“Deklarasi Bang Japar Garut ini adalah upaya kita untuk merekatkan ukhuwah dan senantiasa taat kepada para ulama,” kata Ketua Divisi Keagamaan Bang Japar Garut, Ustadz Toni Faturohman, S.Ag.

Semula Ketua Umum Bang Japar Fahira Idris, SE, MH notabene anggota DPD RI dijadwalkan hadir, sayangnya agenda mendadak kunjungan ke daerah lain. Sehingga kunjungannya ke Garut harus diwakilkan pada para pengurus lainya.

Baca Juga:  Target Parkir Purwakarta Belum Tercapai

Menurut Ustad Eka Jaya, Bang Japar menapaki perjalanan penting yaitu pengukuhan Bang Japar Kabupaten Garut, setelah beberapa daerah lain dikukuhkan kepengurusanya dan dideklarasikan. Selama satu tahun berkiprah, Bang Japar telah memfokuskan aktivitasnya dalam berbagai kegiatan keamanan, ketertiban dan kamaslahatan masyarakat.

Strategi jaga kampung dari bahaya narkoba merupakan bentuk kegiatan yang digagas mereka, selain itu, Bang Japar juga intensif mengkampanyekan gerakan melawan kekerasan terhadap perempuan dan anak serta memberikan pendampingan dan advokasi hukum.

Baca Juga:  Rumah Adat Panjalin Berumur Ratusan Tahun Wajib Dijaga

Bantuan hukum yang disiapkan Bang Japar ini, kata Eka, berlaku seluruh kalangan masyarakat yang sangat membutuhkan pendampingan, tak terkecuali kalangan ulama dan Aktivis.

“Kami juga berkomitmen membantu aparat penegak hukum dengan melaporkan berbagai dugaan pelanggaran hukum seperti kesusilaan, prostitusi, narkoba, dan miras. Prinsip nilai dan program-program inilah yang ditransfer dan diterapkan oleh teman-teman Bang Japar Garut,” tuturnya.

Selain Deklarasi, diadakan juga Kegiatan Sosialisasi Pilkada Serentak 2018 oleh KPU Kabupaten Garut kepada seluruh Pengurus dan Anggota Bang Japar komwil Garut yang dihadiri oleh Komisioner KPU Kabupaten Garut, Lia Juliasih S.IP, M.Si.

Baca Juga:  Kemenperin: Vaksinasi Punya Peran Penting Wujudkan Industri Tangguh

Dalam kegiatan sosialisasi itu, Lia mengharapkan Bang Japar Komwil Garut selaras bersama KPU Kabupaten Garut untuk menyukseskan Pilkada serentak tahun 2018.

Lia mengajak segenap lapisan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada tanggal 27 Juni 2018 dan mengajak Bang Japar Garut untuk bersama mengawal proses demokrasi yang berlangsung di Kabupaten Garut.

Tampak hadir beberapa petinggi Bang Japar, seperti Dewan Penasehat Bang Japar H.Aldwin Rahadian SH, dan Sekjen Bang Japar Ust. H. Eka Jaya. (Tgr)

Jabarnews | Berita Jawa Barat