Penderita Diabetes Sebaiknya Konsumsi Makanan Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Pasien diabetes memiliki batasan-batasan makanan untuk dikonsumsi, juga harus memperhatikan kandungan gula dalam setiap makanannya.

Peningkatan kadar gula darah pada penderita diabetes dapat berisiko menimbulkan dampak pada kesehatan, seperti kelelahan, pusing, kerusakan saraf, gagal ginjal, penyakit jantung, masalah pada mata, lebih rentan terkena infeksi dan luka, bahkan kehilangan kesadaran atau koma.

Maka dari itu makanan untuk penderita diabetes harus mulai diperhatikan agar tidak bertambah parah dan memunculkan komplikasi atau memunculkan penyakit lainnya. Memilih makanan untuk penderita diabetes memiliki peran penting untuk menjaga kadar gula di dalam darah.

Baca Juga:  Bikin Resah, Warga Minta Polisi Tangkap Kawanan Copet di Alun-alun Kota Bandung

Dilansir dari beberapa sumber berikut makan-makan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes:

1. Nasi Merah – Orang Indonesia identik dengan nasi, dan selalu dijadikan pilihan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh. Namun untuk penderita diabetes, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi nasi putih dan lebih dianjurkan untuk mengonsumsi nasi merah. Karena nasi putih memiliki kada gula yang cukup tinggi sehingga tidak dianjurkan. Makanan untuk penderita diabetes satu ini bisa dijadikan makanan wajib untuk penderita diabetes.

2. Bayam – Sayur hijau yang identik dengan kartun Popeye satu ini merupakan makanan untuk penderita diabetes yang baik untuk dikonsumsi. Menurut penelitian, sayur bayam mengandung nutrisi lutein yang baik buat penderita diabetes, terutama untuk bagian mata. Sayur bayam bisa diolah menjadi sayur bening atau hanya sekedar lalapan.

Baca Juga:  Waduh! Tumpukan Sampah APD di Bogor Ditemukan Dibuang Sembarangan

3. Brokoli – Selain bayam, sayur hijau satu ini bisa dijadikan pilihan yang baik dikonsumsi oleh penderitya diabetes. Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang bisa memperbaiki dan melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular akibat diabetes. Makanan untuk penderita diabetes satu ini bisa diolah menjadi lalapan atau makanan yang sesuai dengan anjuran dokter.

Baca Juga:  Lebih Mengenang K.R.T. Hardjonagoro, Sosok Pelopor Batik Indonesia

4. Telur – Telur memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh. Mengonsumsi telur secara teratur juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Telur dapat mengurangi peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan kadar kolesterol HDL baik.

5. Stroberi – Stroberi memiliki kandungan antioksidan yang dikenal sebagai antosianin. Antosianin telah terbukti mengurangi kader kolesterol dan insulin setelah makan. Satu cangkir stroberi mengandung 49 kalori dan 11 gram karbohidrat, tiga di antaranya adalah serat.

Penulis: Muhammad Amaludin