Peningkatan Ekspor, Bea Cukai Teluk Nibung Gandeng Pelaku Logistik

JABARNEWS | TANJUNG BALAI – Peningkatan daya saing logistik nasional, khususnya dalam upaya peningkatan ekspor barang produksi di Pelabuhan Teluk Nibung. Bea Cukai Teluk Nibung ajak ALFI (Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia) Sumatera Utara, Asosiasi UMKM Sumut, para stakeholder di pelabuhan, dan perwakilan pengguna jasa di Pelabuhan Teluk Nibung melakukan diskusi.

Kepala Kantor Bea Cukai Teluk Nibung, I Wayan Sapta Dharma mengatakan, masalah logistik nasional merupakan salah satu unsur yang menentukan daya saing perekonomian Indonesia dengan negara lain. Saat ini bila dibandingkan dengan negara lain, terutama di kawasan Asean, Indonesia masih dianggap memiliki biaya logistik yang tinggi dan juga dalam hal waktu penyelesaian proses logistik.

Baca Juga:  Input Galang Dana Peduli Bencana Kabut Asap

“Perlu adanya perbaikan guna meningkatkan kinerja sistem logistik, memperbaiki iklim investasi dan meningkatkan daya saing perekonomian nasional,” katanya, Rabu (26/5/2021).

Menurut dia, kegiatan ini sesuai dengan misi Kementerian Keuangan untuk menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi Indonesia yang produktif, kompetitif, inklusif, dan berkeadilan di abad ke-21.

“Menjadi perwujudan salah satu tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai Industrial Assistance dan Trade Facilitator yaitu memfasilitasi perdagangan dan industri di Indonesia,” ungkap Wayan.

Baca Juga:  DPRD Garut Dorong Pelayanan BPJS Kesehatan Dipermudah

Dijelaskan Wayan, salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi masalah logistik ini adalah dengan melakukan Penataan Ekosistem Logistik Nasional (National Logistics Ecosystem) sesuai Intruksi Presiden RI Nomor 5 Tahun 2020.

“NLE merupakan program yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen baik internasional maupun domestik yang berorientasi pada kerjasama antar instansi pemerintah dan swasta,” terang dia.

Masih kata Wayan, Bea Cukai Teluk Nibung akan selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik dan kemudahan bagi para eksportir maupun calon eksportir. Terlebih dalam masa pandemi Covid-19 ini, diharapkan sektor ekspor dapat menyumbang kontribusi yang besar dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat 28 Agustus 2018

“Kami sangat mengharapkan dukungan dan peran aktif ALFI Sumatera Utara dalam mempromosikan Teluk Nibung sebagai pelabuhan alternatif untuk pengiriman barang ekspor ke luar negeri dengan biaya logistik yang lebih kompetitif, sehingga kegiatan ekspor di Pelabuhan Teluk Nibung bisa terus mengalami peningkatan,” bilangnya. (ptr)