Peringatan Kemerdekaan Di Istana, Jokowi Kenakan Busana Adat Aceh

JABARNEWS | JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih menggunakan busana adat asal Aceh pada upacara bendera peringatan Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jumat (17/8)/2018. Pada peringatan kemerdekaan tahun lalu, Jokowi mengenakan busana Kalimantan Selatan

Topi meukeutop yang merupakan simbol kebanggaan bagi pria Aceh dikenakan Jokowi. Umumnya, topi semacam itu dikenakan pada upacara pernikahan tradisional Aceh.

Baca Juga:  Dollar Mulai Jinak

Bagi masyarakat Aceh, topi itu juga punya sejarah tersendiri. Dahulu hanya aristokrat yang mengenakannya, sebagai pembeda identitas dengan para petinggi Belanda.

Dirilis CNN Indonesia, Jokowi tampil menyapa media sembari menggandeng cucunya, Jan Ethes Sri Narendra. Ayah Jan Etes yang juga anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka pun ada di sampingnya.

Baca Juga:  Ada Tsunami Kecil Usai Gempa M 6,1 di Maluku, Ini Penjelasan BMKG

Istrinya, Selvi Ananda terlihat mengenakan kebaya merah muda. Demikian pula dengan Kahiyang Ayu, putri Jokowi yang datang bersama suaminya, Bobby Nasution.

Jan Ethes yang baru berusia dua tahun juga mengenakan busana adat.

Ini bukan pertama kalinya Jan Ethes ikut upacara kemerdekaan. Tahun lalu saat masih berusia setahun, putra pertama Gibran dan Selvi Ananda itu sudah berpartisipasi.

Baca Juga:  Waspada Jika Pundak Sering Terasa Sakit, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Ia bahkan langsung menjadi pusat perhatian, karena tamu undangan ingin berfoto dengannya.

Tamu undangan lainnya, seperti Megawati Soekarnoputri, Meutia Hatta, Yenny Wahid, Tito Karnavian, juga mengenakan busana adat. Mega terlihat berbusana serba putih. Setelah bendera dan naskah proklamasi tiba, hiburan dipertontonkan. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat