Ribuan Pohon Di Kota Bekasi Rawan Tumbang, Berumur Puluhan Tahun

JABARNEWS | KOTA BEKASI – Meningkatnya intensitas hujan disertai angin kencang di wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, memicu kerawanan pohon tumbang yang telah berumur puluhan tahun. Dinas Tata Kota (Distako) Kota Bekasi menyatakan, setidaknya ada lebih dari lima ribu pohon yang rawan tumbang.

“Jumlahnya bisa lebih dari lima ribu. Usianya sudah lebih dari 20 tahun karena penanaman pohon serentak dahulu dilakukan tahun 1996,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Distako, Junaedi dikutip republika.co.id., Senin (17/12/2018).

Ia menjelaskan, tahun penanaman tersebut bertepatan dengan pembentukan Kotamadya Bekasi. Kini, pohon-pohon yang sudah memiliki tinggi antara 10-20 meter itu cukup membahayakan. Apalagi, saat angin kencang yang kerap melanda kawasan Kota Bekasi.

Baca Juga:  Oded Imbau Ratna Sarumpaet Minta Maaf Kepada Warga Bandung

Junaedi mengklaim, sebanyak 20 personel tim ahli penebangan pohon dari Distako Bekasi sudah melakukan pemantauan secara rutin. Namun, penebangan pohon diutamakan bagi yang mengganggu atau menghalangi rambu-rambu lalu lintas di ruas jalan protokol dan arteri.

“Tapi, sekarang tim sudah menyisir dan mendengar pengaduan warga yang barangkali kita perlu lakukan,” jelas dia.

Hanya saja, lanjut dia, melihat personel tim yang terbatas, pihaknya tak bisa melakukan penebangan sekaligus dalam jumlah banyak. Oleh sebab itu, setiap pengaduan yang diterima dari warga perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

Jika kondisi pohon sudah cukup lebat dan tinggi sehingga menanggung beban berat, tim akan melakukan pemangkasan. Ia pun mengakui, ribuan pohon yang tersebar di Kota Bekasi sudah waktunya dilakukan peremajaan.

Baca Juga:  Lepas Ekspor 23 Ton Kelapa Parut Kering, Ini Harapan Ridwan Kamil

Hal itu dilakukan baik dengan cara pemangkasan batang-batang pohon yang tua maupun dengan penanaman ulang. Untuk diketahui, kurun waktu tiga pekan terakhir, setidaknya terdapat dua kejadian pohon tumbang menimpa kendaraan yang sedang melintas.

Pada 26 November lalu, sebuah pohon di tepi Jalan Pramuka, Kecamatan Bekasi Selatan menimpa mobil minibus. Selanjutnya, pada 13 Desember 2018, dua pohon tumbang di Bintara Jaya, Kecamatan Bekasi Barat dan Pondok Pekayon Indah, Kecamatan Bekasi Selatan.

Pohon-pohon yang tumbang tersebut semuanya diakibatkan oleh hujan deras disertai angin kencang selama lebih dari satu jam. Beruntung, dalam insiden pohon tumbang tersebut belum memakan korban.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Bakal Gelar Buka On The Street Serentak Di 27 Kabupaten Kota

Wakil Ketua Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Karsono mengatakan, mayoritas pohon yang rawan tumbang adalah Pohon Waru. Di satu sisi, Pohon Waru banyak yang berada di tepi jalan protokol kawasan kota.

“Pohon yang sering tumbang itu biasanya memiliki diameter sekitar satu meter dengan tinggi lebih dari 20 meter. Mudah tumbang karena batang dan ranting pohon sudah sama-sama tua,” kata Karsono.

Berdasarkan catatan BPBD Kota Bekasi, terdapat beberapa kawasan jalan protokol yang perlu diwaspadai warga ketika melintas. Kawasan itu diantaranya Jalan Ir H Djuanda, Jalan Mayor Madmuin Hasibuan, Jalan Kartini, Jalan Kemakmuran, Jalan Pekayon, dan Jalan Agus Salim. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat