Simak! Inilah Tips Aman ke Jogja Naik Kereta Api

JABARNEWS | BANDUNG – Bepergian naik kereta api merupakan salah satu pilihan moda transportasi favorit di Pulau Jawa. Ada banyak alasan yang mendasari hal ini, seperti banyaknya rute yang dilayani, harga tiket relatif terjangkau hingga faktor kenyamanan dengan segala fasilitas naik kereta yang diberikan saat ini.

Di masa pandemi ini pun kereta api tetap jadi primadona untuk perjalanan jarak jauh. Contohnya saja tiket kereta Jakarta Jogja yang selalu ramai peminatnya. Hal ini tak mengherankan karena Jogja punya banyak sekali tempat wisata menarik untuk dikunjungi dan sudah buka selama pandemi ini.

Ingin liburan ke Jogja naik kereta api di masa pandemi ini? Berikut ada tipsnya untuk Anda agar perjalanan Anda tetap aman, nyaman dan juga menyenangkan.

1. Beli tiketnya secara online. Hemat waktu Anda dengan beli tiket kereta api secara online untuk keberangkatan jauh-jauh hari. Anda bisa membeli tiket kereta melalui website resmi PT KAI maupun website-website lainnya yang telah bekerjasama resmi dengan PT KAI, seperti Blibli.

Tak perlu keluar rumah, Anda bisa menggunakan smartphone atau laptop yang terhubung ke internet untuk melakukan pemesanan. Yang menariknya, kereta yang tersedia untuk jurusan Jakarta-Jogja ada banyak pilihannya. Begitu juga stasiun keberangkatan dan juga jam berangkatnya. Hal ini tentu memberi Anda lebih banyak opsi saat akan melakukan pemesanan tiket.

Baca Juga:  Ramadhan, Puluhan Ribu Botol Miras di Bekasi Dimusnahkan

Begitu selesai melakukan pemesanan, jangan lupa untuk melakukan pembayaran sesuai dengan waktu yang tertera agar tiket Anda tidak dibatalkan secara otomatis oleh sistem.

2. Jangan lupa booking hotel juga. Kecuali Anda punya keluarga atau teman yang siap menjadi ‘rumah’ saat berkunjung ke Jogja, pastikan Anda juga memesan hotel untuk tempat menginap ya.

Sama seperti tiket kereta, booking hotel di Jogja pun bisa dilakukan secara online dengan mudah. Langkah-langkahnya juga hampir mirip. Anda hanya perlu memasukkan tanggal perjalanan dan berapa lama berada di Jogja, lalu masukkan jumlah tamu yang akan menginap.

Setelah itu hasil pencarian akan muncul dan Anda tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan selera dan budget. Lakukan pemesanan pada hotel yang disukai dan e-voucher pun akan dikirim ke email Anda.

3. Lakukan tes COVID-19 sebelum hari keberangkatan. Selama masa pandemi, ada peraturan baru yang harus diikuti semua penumpang kereta api, yaitu wajib menyertakan surat negatif hasil tes COVID-19. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Satuan Tugas Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021 yang berlaku sejak Kamis, 1 April 2021 hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.

Baca Juga:  Hujan Guyur Bandung, Banjir di Banjaran Sempat Setinggi Dada

Dalam surat edaran tersebut, tes COVID-19 yang diterima sebagai dokumen perjalanan dengan kereta api adalah swab PCR, rapid tes antigen dan tes GeNose. Sesuai surat edaran tersebut, waktu maksimal pengambilan sampel untuk swab PCR dan rapid tes antigen wajib dilakukan maksimal 3×24 jam sebelum hari keberangkatan. Sedangkan untuk tes GeNose harus dilakukan di stasiun kereta api di hari H keberangkatan.

Peraturan soal lamanya waktu maksimal pengambilan sampel tes COVID-19 ini dapat berubah-ubah menyesuaikan kondisi virus corona di Indonesia. Jadi pastikan Anda selalu update dengan hal ini agar rencana naik kereta api tidak terganggu.

4. Jaga kondisi tubuh. Di masa pandemi ini, menjaga kesehatan tubuh sangat penting, apalagi jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan dengan transportasi umum seperti kereta api. Jaga kesehatan tubuh Anda karena di hari keberangkatan akan ada pengecekan suhu badan oleh petugas. Jika suhu tubuh Anda di atas 37,3 derajat celcius, maka petugas bisa tidak mengizinkan Anda melanjutkan perjalanan meski sudah membawa surat keterangan negatif COVID-19.

Selain itu bepergian naik transportasi umum dalam kondisi kurang fit dapat membuat tubuh Anda lebih rentan tertular penyakit lain selama perjalanan, termasuk virus corona. Jadi pastikan tubuh Anda selalu dalam kondisi sehat ya.

Baca Juga:  Erick Thohir Masuk, Petahana Bisa Bernafas Lega

5. Datang ke stasiun lebih awal. Jika Anda sudah memiliki surat negatif hasil tes COVID-19, maka diharapkan Anda tetap tiba lebih awal di stasiun setidaknya 1-2 jam sebelum jam berangkat.

Hal ini untuk mengantisipasi antrian panjang pemeriksaan tambahan di stasiun, seperti pemeriksaan suhu tubuh dan surat hasil tes COVID-19.

Selain itu Anda juga harus tetap mencetak tiket fisik di stasiun keberangkatan lewat mesin check in mandiri yang disediakan.

Tapi jika Anda berencana melakukan tes GeNose di stasiun, pastikan datang lebih awal lagi ke stasiun sekitar 2-3 jam sebelum keberangkatan. Hal ini juga untuk mengantisipasi kemungkinan banyaknya calon penumpang lainnya yang juga akan melakukan tes ini di stasiun.

Demikianlah tips agar perjalanan Anda naik kereta api ke Jogja di masa pandemi terasa lebih aman dan nyaman. Jangan lupa untuk tetap pakai masker dengan benar saat berada di stasiun, di peron, di gerbong hingga saat tiba di stasiun kota tujuan. Selamat bepergian! (Red)