Stop Menghangatkan Makanan Dengan Wadah Plastik, Inilah Bahayanya

JABARNEWS | BANDUNG – Tak sedikit orang yang menyimpan makanan di dalam wadah plastik karena lebih ringan dan tentunya lebih praktis.

Namun perlu Anda ketahui, wadah makanan dari plastik tidak aman digunakan untuk menghangatkan makanan di dalam microwave.

Seperti dilansir dari New York Post, American Academy of Pediatrics menyebutkan, ada bahaya yang ditimbulkan jika menyimpan dan menghangatkan makanan menggunakan wadah plastik di dalam microwave.

Bahan kimia dari wadah plastik yang dapat menimbulkan masalah kesehatan, terutama pada anak-anak.

Baca Juga:  Wisata Purwakarta, Bukit Panenjoan Cocok Untuk Berswafoto

Salah satu bahan kimia dalam plastik yang bereaksi buruk dalam tubuh adalah bisphenol seperti BPA.

BPA bisa menyerupai hormon estrogen dalam tubuh dan berpotensi mengubah waktu pubertas, mengurangi kesuburan, meningkatkan lemak tubuh, dan memengaruhi sistem saraf serta kekebalan tubuh.

Bahan kimia lain yang seperti phthalates yang berfungsi membuat plastik lebih fleksibel dapat menimbulkan efek.

Tahukah Anda bahwa wadah plastik yang diklaim dan diberi label ‘aman untuk microwave’ juga ternyata tetap dapat menimbulkan risiko kesehatan ketika tergores atau berubah warna.

Baca Juga:  Waduh! Mayoritas Perempuan Milenial di Jabar Tak Lulus SMA

Oleh karena itu, lebih baik Anda tidak menggunakan wadah plastik apa pun jika ingin menghangatkan makanan.

Agar tetap aman dalam menghangatkan makanan atau menyimpan makanan hangat, sangat disarankan untuk menggunakan wadah kaca atau keramik.

Peralatan makan yang terbuat dari porselin/keramik tergolong lebih aman jika digunakan untuk hidangan panas dan merupakan alat makan tahan panas, dari pada yang terbuat dari plastik.

Jika kita lihat dari proses pembuatannya, keramik memerlukan proses pembakaran dengan suhu 1500°C – 3000°C.

Baca Juga:  Rini Minta Sinergitas Antar-Perusahaan BUMN

Dapat disimpulkan bahwa peralatan yang terbuat dari keramik lebih aman saat kita menuangkan hidangan panas ke dalamnya, ataupun saat kita gunakan menghangatkan masakan di dalam microwave.

Itulah tadi sedikut ulasan bahaya yang mengintai jika memenaskan makanan dengan wadah berbahana plastik di microwave. Semoga ulasan di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Vemale

Jabarnews | Berita Jawa Barat