Tiga Cara Membersihkan Injektor Pada Motor, Bisa Dilakukan Di Rumah

JABARNEWS | BANDUNG – Untuk saat ini hampir rata-rata kendaraan khususnya roda dua (sepeda motor) sudah bersistem injeksi. Dan pada injektor merupakan komponen yang memiliki fungsi yang sangat vital. Untuk fungsi injektor itu sendiri tidak lain yakni untuk menyemprotkan dan mengabutkan bahan bakar ke ruang pembakaran.

Hal ini dapat dibayangkan bukan apabila dalam proses penyemprotan ini terganggu atau tidak maksimal maka akibat atau efeknya maka dapat sangat mempengaruhi kinerja atau performa mesin. Misalnya seperti entah tersendat, tarikan kurang atau yang lebih parah lagi mesin tidak dapat hidup.

Baca Juga:  Majelis Hakim Kabulkan Gugatan Buruh Pabrik PT Dada Indonesia

Oleh sebab itu berikut beberapa cara membersihkan injektor motor yakni:

Pertama. Dengan Carbon Cleaner – Untuk cara yang paling praktis dan mudah yakni dengan menggunakan Carbon Cleaner seperti Yamalube Carbon Cleaner, hanya dengan mencampurkan cairan kimia tersebut ke dalam tangki bensin, maka dengan demikian kotoran yang ada di injektor akan terkikis hilang.

Untuk cara bagaimana penggunaanya terbilang sangat mudah yaitu tinggal mencampurkan cairan tersebut ke dalam tangki yang sudah berisi bensin antara 3,5 liter sampai 5 liter dan lakukan pada setiap 3000 km sekali.

Baca Juga:  Khusus Febri, Gomez Berikan Waktu Libur Lebih Panjang

Kedua. Dengan Menggunakan Infus – Sudah banyak bengkel resmi untuk saat ini yang mulai menawarkan pembersih injektor dengan cara ini. Untuk prosesnya menjadikan cairan carbon cleaner sebagai bahan bakar dan di injek dengan menggunakan alat khusus seperti Infus.

Pada tabung tersebut diberi udara yang bertekanan dari kompresor untuk memasukan carbon cleaner ke ruang bakar. Mesin kemudian dihidupkan sambil digas, untuk cara ini cuma memakan waktu kurang lebih 5 menit, sampai cairan habis dan mesin akan mati dengan sendirinya.

Baca Juga:  Bansos PKH Belum Cair, Dinsos Cianjur: Masalah Ini Terjadi se-Indonesia

Ketiga. Dengan Injector Cleaner – Untuk cara membersihkan Injektor motor yang terakhir ini memang terbilang cukup ribet dan hanya dapat dilakukan di bengkel.

Hal ini lantaran Injektor harus dilepas atau dicopot dan lalu dimasukan ke dalam sebuah alat yang bernama Injector cleaner dan tester, setelah dimasukkan dalam alat tersebut maka akan diketahui berapa debit atau tekanan injektor tersebut. (Red)