Tiga Desa di Kecamatan Sukasari Purwakarta Terisolir Akibat Longsor

JABARNEWS | PURWAKARTA – Warga tiga desa di Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta masih terisolasi, lantaran akses jalan penghubung antar desa tersebut masih tertutup longsor dengan ketinggian beragam, pada Selasa (16/2/2021).

Kapolres Purwakarta AKBP Ali Wardana melalui, Kapolsek Sukasari AKP Asep Yusup, mengaku terkendala minimnya alat berat untuk membuka kembali akses jalan tersebut.

“Terjadi longsor susulan di lokasi Kampung Cibunipasir, Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta sekira pukul 18.30 WIB pada Senin (15/2/2021) kemarin, sehingga jalan yang sempat dibersihkan kembali tertutup material longsor,” ungkap Asep, saat ditemui di lokasi longsor, pada Selasa (16/2/2021).

Baca Juga:  Emil Finalisasi Koalisi dengan PPP

Ia menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas terkait di Pemkab Purwakarta untuk menambah jumlah alat berat. Penambahan itu diperlukan guna membuka akses jalan yang terisolir sehingga dapat dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Baca Juga:  Kebiasaan Unik Warga Indonesia Ini Sering Menjadi Sorotan Orang Asing

“Ini butuh waktu lama jika menggunakan alat berat yang ada saat ini. Jadi butuh penambahan alat berat. Kalaupun menggunakan alat berat pun diprediksi memakan waktu 4 sampai 5 hari akses jalan ini bisa dilalui kendaraan,” jelasnya.

Minimnya alat berat, menurut Asep, membuat alat berat difungsikan untuk penanganan di lokasi longsor sekaligus membuka akses jalan yang terutup agar warga Desa Ciririp, Desa Sukasari dan Desa Parungbanteng bisa melintas.

Baca Juga:  Duh.. Bocah Tewas Ditusuk Gunting Oleh Kakaknya Sendiri

”Kami berharap ada tambahan alat berat yang fokus membuka jalan yang tertutup longsor,” ujarnya.

Di lokasi longsor terlihat personel dari Polsek Sukasari, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, Satpol PP, Pemerintah Kecamatan Sukasari, Pemerintah Desa Kertamanah, Pemerintah Desa Ciririp dan para relawan turut membantu membersihkan material longsoran menggunakan alat seadanya. (Gin)