Tiga Manfaat Daun Legundi Bagi Kesehatan, Bisa Obati Asma

JABARNEWS | BANDUNG – Legundi adalah salah satu jenis tanaman yang banyak hidup di kawasan tropis. Tanaman dengan nama ilmiah Vitex trifolia ini bisa tumbuh dengan ketinggian 1 hingga 4 meter. 

Legundi akan tumbuh jauh lebih baik jika dipangkas secara teratur karena akan tumbuh dengan jauh lebih besar dan kuat. 

Cara menanam tanaman ini biasanya dengan cara stek batang atau pun biji. Dalam dunia medis, tanaman legundi sudah dikenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Baca Juga:  Pengusaha di Majalengka Lebih Memilih Bandara Soetta

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat daun legundi bagi kesehatan tubuh yakni:

Pertama. Mengobati Cacingan – Daun legundi memiliki manfaat sebagai obat cacingan. Cara memanfaatkan daun legundi untuk mengobati cacingan adalah dengan mencuci bersih daun legundi sebanyak 15 gram.

Lalu rebuslah selama 15 menit hingga mendidih. Kemudian kamu dapat meminumnya setelah dingin dan disaring ampasnya.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Nyatakan Gang Apandi Jadi Status Quo

Kedua. Mengobati TBC – Untuk mengobati penyakit paru-paru, terutama TBC, kita  hanya perlu menyiapkan segenggam daun legundi, lima lembar daun waru lengis muda, satu sendok bidara upas muda yang sudah diparut, setengan genggam daun pegagan, dan satu sendok makan kencur. 

Rebuslah ke semua bahan tersebut ke dalam enam gelas air sampai tersisa tiga gelas. Sebelum diminum, saringlah ramuan tersebut. 

Baca Juga:  Himbauan Gubernur Jabar Memasuki Musim Kemarau

Ketiga. Mengobati Sesak Napas – Sesak napas dan muntah darah pun dapat disembuhkan oleh daun legundi. Caranya adalah dengan merebus 9 lembar daun legundi, 3 lembar daun sembung, dan 3 lembar daun surawung. 

Rebus ke dalam 3 gelas air sampai mendidih hingga hanya tersisa 1 gelas. Minum ramuan ini sebanyak dua kali sehari tiap pagi dan sore hingga sesak napas dan muntah darah sembuh. (Red)