Tiga Manfaat Minyak Sereh Bagi Kesehatan, Diantaranya Cegah Diare

JABARNEWS | BANDUNG – Manfaat minyak sereh tak perlu diragukan lagi untuk kesehatan. Mulai dari bakteri dan jamur, sakit kepala, hingga hipertensi bisa diatasi oleh minyak sereh.

Minyak sereh tidak hanya memiliki aroma yang menyegarkan, tapi juga segudang manfaat kesehatan. Buktinya, para ahli medis sudah menggunakannya untuk mengobati masalah pencernaan dan meredakan tekanan darah tinggi.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut manfaat minyak sereh bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Dr.Sung Mengatakan Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini Bisa Menurunkan Berat Badan Dan Lancarkan Pencernaan

Pertama. Mampu membunuh jamur – Minyak sereh juga terbukti ampuh dalam membunuh jamur yang menyebabkan athlete’s foot, kurap, hingga infeksi jamur di selangkangan.

Para peneliti dalam sebuah studi percaya, setidaknya obat jamur harus memiliki ekstrak minyak sereh sebanyak 2,5% untuk bisa membuahkan hasil yang maksimal dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit akibat infeksi jamur tersebut.

Baca Juga:  Ganjil Genap di Pintu Tol untuk Kendaraan Plat Nomor Non D, Ini Penjelasannya

Kedua. Mencegah peradangan – Peradangan sangatlah berbahaya, bahkan bisa menimbulkan penyakit yang mengancam nyawa. Sebuah riset menyatakan, minyak sereh yang mengandung citral ternyata bisa mencegah peradangan.

Dalam penelitian pada hewan uji tersebut, minyak sereh yang diminumkan dapat mencegah peradangan pada penyakit edema kaki. Bahkan, minyak sereh yang dioles juga mampu mencegah peradangan pada edema telinga yang diderita oleh tikus.

Baca Juga:  Banjir Jakarta, Anies Baswedan: Atas Izin Allah Satu Hari Kering

Ketiga. Mencegah diare – Diare tidak hanya menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Dehidrasi juga bisa muncul akibat diare. Sayangnya, obat diare yang bisa dibeli bebas tanpa resep, biasanya memiliki efek samping seperti sembelit.

Itulah sebabnya banyak orang yang beralih ke pengobatan alami seperti minyak sereh. Apalagi, sebuah penelitian pada hewan uji membuktikan, minyak sereh mampu mencegah diare. (Red)