Tips Mudah Mengatasi Sakit Maag Yang Kembali Kumat

JABARNEWS | BANDUNG – Seperti kita ketahui, makan makanan yang salah atau justru melewatkan waktu makan dapat memicu maag yang dapat membiat perut panas dan mulas. Selain membuat perut menjadi tidak nyaman, maag juga menyebabkan nyeri dada, sakit tenggorokan, dan bau mulut.

Menurut beberapa para ahli, penyakit maag tidak dapat disembuhkan. Namun untuk mencegahnya agar tidak sering kambuh, ada banyak cara mengatasi maag yang bisa Anda terapkan sehari-hari.

Berikut di bawah ini adalah beberapa pilihan cara untuk mengatasi maag yang aman, di antaranya yaitu:

  • Minum Obat Maag

    Saat maag menyerang, tindakan pertama yang harus Anda lakukan adalah minum obat maag. Pilihan obat maag yang bisa Anda konsumsi pun beragam. Mulai dari obat antasida; blocker asam seperti ranitidine, famotidine, atau cimetidine; hingga proton pump inhibitors seperti omeprazole dan lanzoprazole. Obat-obatan tersebut bisa Anda dapatkan dengan atau tanpa resep dokter. Biasakan minum obat maag sebelum makan dan cermati ketentuan dosisnya sesuai yang tertera pada kemasan obat. Baiknya, tanyakan dulu ke dokter mengenai jenis obat maag yang paling cocok untuk Anda.
  • Makan Dengan Porsi Sedikit

    Usahakan untuk selalu makan tepat waktu dan dengan porsi yang lebih kecil agar Anda bisa makan lebih sering. Pastikan juga Anda makan perlahan. Cara mengatasi maag satu ini cukup ampuh, karena dengan begitu Anda bisa menghindari kenaikan asam lambung akibat perut yang kelamaan tidak terisi makanan. Selain pola makannya, perhatikan juga jenis makanan yang Anda makan. Sebaiknya hindari makanan yang tinggi asam, pedas, dan tinggi kafein.
  • Jangan Rebahan Setelah Makan

    Sebaiknya tunggu setidaknya 30 menit setelah makan jika Anda mau bersantai membaringkan tubuh. Pasalnya, langsung berbaring setelah makan bisa membuat asam lambung akan kembali naik ke tenggorokan. Akhirnya, gejala maag justru kumat.
  • Istirahat Yang Cukup

    Salah satu cara mengatasi maag yang paling jitu adalah banyak istirahat. Sebaiknya, hentikan semua aktivitas yang sedang Anda jalani dan istirahat sampai kondisi tubuh Anda pulih kembali. Terlalu memforsir tubuh sampai kehabisan energi malah bisa membuat maag tambah parah. Istirahat yang cukup juga dapat mengurangi stres, yang bisa memicu terjadinya gejala maag.

Demikianlah tadi beberapa pilihan cara untuk mengatasi maag yang aman. Dengan menerapkan cara mengatasi maag seperti yang sudah disebutkan di atas secara rutin setiap hari, maka dapat sekaligus membantu mencegah serangan maag. Sangat disarankan agar Anda tidak lupa untuk selalu mengonsultasikan kondisi kesehatan Anda pada dokter. Semoga informasi di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Hellosehat

Jabarnews | Bertia Jawa Barat

Baca Juga:  Kapal Pengangkut Pakan Ikan Tenggelam di Jatiluhur Purwakarta, Ini Penyebabnya