Wabup Purwakarta Resmikan Pasar Desa Kertamanah

JABARNEWS | PURWAKARTA – ‪Pasar Desa di Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari diresmikan Wakil Bupati Purwakarta, H Aming, meresmikan, Senin (17/12/2018).

Wakil Bupati Purwakarta, H Aming berharap, pasar desa ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu pelayanan juga harus ditingkatkan, dengan demikian tidak hanya masyarakat Kertamanah di sini saja yang akan bertransaksi akan tapi pendatang yang melewati Kertamanah juga dapat bertransaksi di pasar desa ini.

“Saya sangat apresiasi terhadap pembangunan Pasar Desa ini yang dilakukan Kepala Desa kertamanah, karena ini merupakan bagian dari solusi untuk pemberdayaan masyarakat desa terutama di bidang perekonomian masyarakat. Di pasar inilah produk-produk unggulan masyarakat dan bisa mempermudahkan masyarakat membeli barang-barang atau mendagangkan hasil sendiri dari masyarakat khususnya desa Kertamanah ini,” ungkap Aming.

Baca Juga:  Mantap, Emil Apresiasi Kinerja Polrestabes Bandung

Dikonfirmasi secara terpisah, Camat Sukasari Jaya Pranolo mengatakan, sebanyak delapan unit ruko pasar desa telah resmikan Wakil Bupati Purwakarta. Pasar Desa Kertamanah ini merupakan pasar desa pertama yang diresmikan dan menggunakan dana desa dan bantuan provinsi Jawa Barat tahun 2018.

“Kami berusaha untuk terus mendukung pertumbahan ekonomi masyarakat desa, salah satunya dengan pembangunan dan peningkatan pasar desa ini. Kami berharap aktivitas ekonomi masyarakat desa akan semakin lancar dan meningkat,” kata Jaya Pranolo.

Baca Juga:  Potensi Likuifaksi Di Bandung, Ini Penjelasan Peneliti Puslit Geoteknologi LIPI

Selain itu, Jaya menambahkan, bahwa pembangunan pasar desa sebagai bentuk aspirasi masyarakat yang dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat setempat.

“Pembangunan Pasar desa di Desa Kertamanah ini menjadi pilot project untuk pengembangan ekonomi kemasyarakatan yang dibiayai dana desa dan dana Provinsi Jawa Barat,” kata Camat Sukasari.

Ia menambahkan, pasar desa ini mungkin baru pertama kali di Kabupaten Purwakarta. Selain itu, dirinya berahap semua desa yang ada di Kecamatan Sukasari dan untuk desa-desa yang lain juga dapat membuat hal yang sama seperti di Desa Kertamanah.

Baca Juga:  Inilah Ciri Penembak Harun Korban Ricuh 22 Mei

“Sehingga nantinya perputaran uang, kemudian juga perputaran ekonomi di masyarakat bisa berjalan dengan baik. Saya juga berharap pengelolaan pasar desa ini dilakukan Bumdes dan dapat dilaksanakan secara profesional karena tidak hanya dari sewa yang akan diberikan tapi juga dari sisi bisnis lainnya. Sehingga kini bisa menjadi kontribusi bagi pendapatan Desa Kertamanah,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat