Wow, UMKM Sumbang 65 % Ekonomi Depok

JABARNEWS | DEPOK –Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Depok. Mengingat penyumbang terbesar Produk Regional Bruto (PDRB) di kota yang memiliki tagline Depok Friendly City adalah UMKM.

“65 persen PDRB kita adalah sumbangsih dari UMKM. Sementara 35 persen dari berbagai usaha lainnya,” tutur Walikota Depok, Mohammad Idris usai menghadiri acara Gebyar UMKM di Lapangan Merdeka, Kecamatan Sukmajaya dikutip dari radardepok, Selasa (24/4/2018).

Baca Juga:  Jokowi Mania Dukung Ganjar Pranomowi di Pilpres 2021, Munculkan Tagline Ini

Idris menyatakan, jumlah UMKM di Kota Depok hingga saat ini sekitar 1.000 pelaku usaha. UMKM terbesar masih dikuasai oleh usaha kuliner dan fashion.

Baca Juga:  Mandi di Sungai Ular, Pelajar Deli Serdang Dilaporkan Hilang

“Kami terus bersemangat memotivasi dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan para pelaku UMKM, karena kontribusinya terhadap perkembangan ekonomi di Kota Depok yang begitu besar,” jelasnya.

Idris menambahkan, guna meningkatkan kapasitas UMKM di Kota Depok, pemerintah kota terus memfasilitasi pada berbagai event dan memberikan berbagai pelatihan. Namun, menurutnya, kendala yang dihadapi oleh para pelaku usaha adalah pemasaran.

Baca Juga:  Banjir Kabupaten Bandung Tambah Parah, Jalan Utama Terputus

“Untuk itu, kami minta nantinya bisa dikolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) agar memberikan pelatihan pemasaran secara online kepada para pelaku UMKM. Sebab, pemasaran melalui online lebih efektif karena mampu menjangkau ke berbagai daerah,” tandasnya. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat