Bisa Atasi Sakit Pada Gigi, Berikut Manfaat Daun Kayu Putih

JABARNEWS | BANDUNG – Kayu Putih merupakan pohon dari anggota suku jambu-jambuan yang memiliki banyak manfaat terutama terhadap kesehatan, pohon yang bernama latin Melaleuca leucadendra ini banyak tumbuh di Indonesia dan Australia.

Tidak hanya digunakan sebagai obat luar, daun kayu putih juga bisa dikonsumsi sebagai teh. biasanya itu dilakukan ketika tubuh merasa kedinginan dan teh tersebut berfungsi sebagai penghangat tubuh.

Dilansir dari beberapa sumber berikut kami rangkum beberapa manfaat dari daun kayu putih sebagai kesehatan tubuh. Diantaranya:

Baca Juga:  Nani Mardiani Sosok Pencipta Mars Purwakarta, Terima Penghargaan Dari Pj Bupati

Pertama. Pereda Rasa Sakit Gigi – Daun kayu putih dipercaya bisa meredakan rasa nyeri pada gigi, hal tersebut dilakukan dengan cara cuci daun kayu putih lalu rebus sampai mendidih dan menyisakan air sekitar satu gelas, lalu bagi dua air rebusan daun kayu putih tersebut dan minum air rebusan daun kayu setengah gelas dua kali sehari.

Baca Juga:  TAJI Kecam Kekerasan Terhadap Jurnalis oleh Polisi

Kedua. Meredakan Gejala Pilek – Kayu putih mengandung senyawa yang disebut eucalyptol. Senyawa tersebut dapat mengurangi hidung tersumbat, frekuensi batuk dan sakit kepala yang berhubungan dengan pilek.

Ketiga. Dapat Meningkatkan Relaksasi – Minyak kayu putih dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan kecemasan. Hal ini diyakini dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang mendorong relaksasi.

Keempat. Merawat luka Orang dari suku Aborigin Australia menggunakan daun minyak kayu putih untuk mengobati luka dan mencegah infeksi. Hingga kini, minyak kayu putih juga telah digunakan untuk mengatasi peradangan dan mempercepat penyembuhan.

Baca Juga:  Kabar Baik, Dadang Supriatna Rencanakan Ini Untuk Insentif Guru Ngaji di Bandung

Kelima. Meringankan Sesak Nafas – Aroma yang dikeluarkan dari minyak kayu putih dipercaya dapat meringankan sesak nafas, itu terjadi karena biasanya kandungan dari minyak kayu putih bisa melancarkan saluran pernapasan yang diakibatkan oleh gumpalan lendir.

Penulis: Muhammad Amaludin