Kapolri Kunjungi Pos Pam Terpadu Cikopo Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Orang Nomor satu di Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Tito Karnavian, kembali mengunjungi Pos Terpadu Cikopo, Kecamatan Bungursari, Purwakarta, Senin (18/6/2018) kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Kapolri membahas soal antisipasi arus balik di jalur Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jakarta.

Dia menyebut, di Jateng arus balik belum terjadi peningkatan di hari lebaran ke empat ini. Meski meningkat namun tidak terlalu signifikan.

Ia mengatakan, ada berbagai cara bertindak strategi yang diterapkan dalam rangka mengatasi arus balik ini. Di antaranya, mekanisme pengaturan pagar betis anggota dan strategi Contra flow.

Baca Juga:  Komputer Di Media Center Sergai Tidak Berfungsi, Ini Kata Kadis Kominfo

“Yang lainnya juga kita sudah siapkan diberbagai titik,” ujar dia.

Ia mengatakan, untuk di wilayah Jabar ada beberapa hal yang menjadi perhatian, di antaranya di Tol Cipali yang masalahnya kekurangan toilet bagi para pemudik. Namun pihaknya telah berkoordinasi untuk menambahnya di tiap-tiap rest area yang ada.

“Tidak hanya Tol Cipali, di sepanjang jalur Tol di setiap rest area ditambah toilet,” kata dia.

Tak hanya itu, Tol Cikampek khususnya di Cikarang utama juga tak lepas dari perhatian. Sebab, kata dia, daerah itu merupakan tumpahan dari Tol Purbaleunyi sampai dengan Cipali yang gabung dan masuk ke Cikarang utama.

Baca Juga:  Ini Manfaat Dari Daun Pandan Wangi, Diantaranya Atasi Asam Urat

“Kita tidak bisa menyakinkan 100 persen puncaknya pukul berapa dan di mana karena semuanya tergantung situasional, namun titik-titik rawan sudah kita indentifikasi termasuk dari daerah jalur selatan Tasik menuju Bandung,” ucap dia.

Sementara untuk daerah Jakarta titik rawan kemacetan adalah dari Merak menuju Jakarta. Pintu Tol Keranggan menjadi pintu tol penting. Sebab arusnya mulai masuk.

Baca Juga:  PKL di Tegalega Bakal Segera di Tata, Pemkot Bandung Masih Godok Regulasinya

Kemudian yang terakhir harus diwaspadai adalah pintu Tol Kebun Jeruk dan pintu yang masuk ke dalam jalan layang dalam kota di daerah Kemang.

“Yang lain juga kita antispiasi adalah lonjakan penumpang menggunakan transportasi udara Bandara Soekarno Hatta, sebab itu akan berakibat terhadap Tol Bandara Soekarno Hatta yang bisa padat, kita waspadai di setiap pintu agar arus lancar termasuk Stasiun dan Pelabuhan juga kita waspadai,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat