Waspada Jika Perut Bunyi, Selain Lapar, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Munculnya bunyi-bunyian tertentu dari perut merupakan hal yang biasa kita alami sehari-hari. Kondisi yang biasa disebut sebagai perut keroncongan ini kerap terjadi beberapa kali dalam sehari.

Kondisi ini biasanya terjadi setelah kita sudah makanan. Pasalnya, dinding sistem pencernaan berkontraksi agar makanan turun dari perut ke usus sehingga memunculkan bunyi serupa ‘kruyuk-kruyuk’.

Selain itu, beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan perut berbunyi. Maka dari itu kalian mesti waspada jika sering mendengar bunyi yang muncul dari perut kalian.

Baca Juga:  Kota Bandung Peringkat Kedua STQH Jawa Barat, Begini Ungkapan Oded M Danial

Berikut beberapa penyebab munculnya bunyi pada perut yakni:

Pertama. Lapar – Lapar merupakan salah satu penyebab utama munculnya suara keroncongan dari perut. Ketika kita lapar, terdapat peningkatan konsentrasi zat di otak yang menandakan adanya rasa lapar dan mengirim sinyal ke perut sehingga terkait kontraksi dan memunculkan suara tersebut.

Baca Juga:  Karena Ini, Purwakarta Buka Kemungkinan Tak Perpanjang PPKM Darurat

Ketika suara gemuruh di perut disebabkan karena lapar, kamu bisa mengatasinya dengan konsumsi makanan tinggi serat untuk membantu pergerakan perut dan pencernaan.

Kedua. Infeksi dan Peradangan Gastrointestinal – Munculnya suara keroncongan juga bisa disebabkan karena infeksi atau peradangan perut terutama pada mereka dengan penyakit Crohn’s.

Jika seseorang menderita masalah ini, biasanya disertai juga dengan rasa sakit dan tak nyaman, serta mual dan diare. Ketika Gejala tersebut terjadi, ada baiknya kalian langsung mengkonsultasikan ke dokter.

Baca Juga:  Herry Dermawan Mengingatkan Ketahanan Pangan Jangan Sampai Menyengsarakan Petani

Ketiga. Hernia – Hernia merupakan kondisi tubuh yang bisa menyebabkan konstipasi dan juga munculnya bunyi-bunyian. Lebih lanjut, ketika kondisi ini terjadi, sejumlah gejala lain seperti sakit, bengkak, kemerahan, mual, dan muntah bisa muncul. (Red)