Ada Kampung Bibika Di Cikancung Kabupaten Bandung

JABARNEWS | KAB. BANDUNG – Dukung program Kabupaten Bandung Seribu Kampung, Bupati Dadang M. Naser,SH, S.Ip.M.Ip melaunching kampung Bibika di Desa Cihanyir, Kecamatan Cikancung, sebagai kampung kuliner, yang digelar di Kampung Cibiru, Kamis (26/7/2018).

Pada kesempatan itu, Bupati mengungkapkan, setiap kampung dalam program Seribu Kampung, nantinya bakal menonjolkan ciri khas masing-masing. Serupa kampung tematik, setiap kampung didorong menggali dan memunculkan produk unggulan di berbagai sektor, baik wisata, agrikultur, dan peternakan, maupun industri kreatif.

“Ke depan, keberadaan kampung-kampung berciri khas tersebut bisa mendongkrak popularitas Kabupaten Bandung. Karena dengan terdongkraknya popularitas kampung-kampung yang ditata, kondisi tersebut pastinya akan menguntungkan masyarakat maupun pemerintah,” ungkap Bupati, dikutip Pojok Jabar.

Baca Juga:  Ini Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan, Diantaranya Bisa Cegah Kanker

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam rangka menuju program seribu kampung, Pemerintah Daerah telah dan sedang menyiapkan beberapa program kampung, yakni kampung digital, hidroponik, budaya, kampung keluarga berencana, dan kampung tematik, salah satunya kampung bibika di Desa Cihanyir.

“Pada hari ini, saya launching kampung bibika di Cihanyir sebagai kampung kuliner, yang menjadi bagian dari program Kabupaten Bandung Seribu Kampung. Panganan khas daerah ini, bukan hanya sekadar makanan biasa, namun sudah menjadi tradisi dan ciri khas Desa Cihanyir, dan ini harus diberikan dukungan dari Perangkat Daerah terkait,” imbuhnya.

Baca Juga:  Berikut Ramalan Zodiak untuk Leo Hari Ini

Menurut Bupati, kue bibika merupakan kue tradisional khas, yang memiliki rasa manis, legit, lembut dan mengenyangkan. Berdasarkan informasi, kue ini mulai diproduksi sejak tahun 1965, seiring dengan waktu permintaan pasar kue bibika ini telah menyebar sampai ke Timur Tengah.

Bupati Bandung mengimbau, agar dinas terkait, Penggerak Pemberdayaan Keluarga (PKK), Dharma Wanita dan unsur lainnya, bisa terus memberikan pembinaan, bimbingan teknis olahan pangan, kemasan kue dan olahan yang memiliki tampilan yang menarik konsumen.

Baca Juga:  Inilah Manfaat Air Liur Bagi Luka

“Sekaligus saya dorong juga agar kue bibika ini produksinya bisa lebih canggih, dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Selain produksi, kemasan juga pemasarannya harus lebih baik, Misalnya pemasaran secara online, sehingga bisa lebih banyak dikenal masyarakat luas, bahkan hingga mancanegara,” pungkas Bupati Bandung. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat