Beberapa Buah dan Sayuran yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Buah dan sayuran yang bisa menurunkan kolesterol. (foto: istiemwa)
  1. Apel

Telah dibuktikan bahwa sering mengonsumsi apel dapat mengurangi kolesterol total. Manfaat ini didapat berkat senyawa fenolik yang ditemukan di kulit apel. Fenolik merupakan senyawa antioksidan yang meningkatkan fungsi sel sehat dan aliran darah yang tepat.

  1. Ubi jalar dan labu
Baca Juga:  Ramalan Zodiak Cancer, Leo dan Virgo: Urusan Cinta Akan Menjadi Prioritasmu Hari Ini

Ubi jalar, butternut squash, dan umbi-umbian lainnya berkalori rendah. Umbi-umbian penuh dengan serat, potasium, dan beta-karoten yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung. Rendah kalori tetapi kaya serat, labu adalah pengganti musiman yang kaya antioksidan seperti ubi jalar.

  1. Alpukat
Baca Juga:  Vaksinasi dengan Suntikan Kosong Dipastikan Tak Ada di Kota Bandung

Alpukat dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke karena kaya akan lemak dan serat tak jenuh yang menyehatkan jantung.

Uji klinis menemukan bahwa mengonsumsi alpukat dapat menurunkan kolesterol LDL, dengan efek menguntungkan pada profil lipid dan lipoprotein.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Cancer, Leo, Virgo: Pergilah Dengan Orang Yang Anda Cintai Malam Ini

Diekstrak dari daging buah alpukat, minyak alpukat juga membawa banyak manfaat yang sama. Minyak alpukat yang sarat dengan lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.