Beberapa Buah dan Sayuran yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Buah dan sayuran yang bisa menurunkan kolesterol. (foto: istiemwa)
  1. Apel

Telah dibuktikan bahwa sering mengonsumsi apel dapat mengurangi kolesterol total. Manfaat ini didapat berkat senyawa fenolik yang ditemukan di kulit apel. Fenolik merupakan senyawa antioksidan yang meningkatkan fungsi sel sehat dan aliran darah yang tepat.

  1. Ubi jalar dan labu
Baca Juga:  Mengenal Diri Lewat Air

Ubi jalar, butternut squash, dan umbi-umbian lainnya berkalori rendah. Umbi-umbian penuh dengan serat, potasium, dan beta-karoten yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung. Rendah kalori tetapi kaya serat, labu adalah pengganti musiman yang kaya antioksidan seperti ubi jalar.

  1. Alpukat
Baca Juga:  Kabar Baik, Guru PAUD dan Pendidik di Pesantren Bakal Dapat Tunjangan dari Pemerintah

Alpukat dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke karena kaya akan lemak dan serat tak jenuh yang menyehatkan jantung.

Uji klinis menemukan bahwa mengonsumsi alpukat dapat menurunkan kolesterol LDL, dengan efek menguntungkan pada profil lipid dan lipoprotein.

Baca Juga:  PT Dahana Sebar Sembako Murah Bagi Warga Miskin

Diekstrak dari daging buah alpukat, minyak alpukat juga membawa banyak manfaat yang sama. Minyak alpukat yang sarat dengan lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.