Begini Cara Memilih Sepatu Untuk Ibu Hamil

JABARNEWS | BANDUNG – Cara memilih sepatu untuk ibu hamil memang jarang diketahui oleh orang lain. Namun, ternyata memilih sepatu untuk ibu hamil cukup penting kita lakukan.

Bahkan saat hamil, ukuran sepatu dapat berbeda, mulai dari trimester pertama hingga ketiga. Hal ini disebabkan banyak perubahan yang terjadi selama kehamilan, perubahan paling umum adalah kenaikan berat badan.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara memilih sepatu untuk ibu hamil yakni:

Baca Juga:  27 Kabupaten/Kota Se-Jabar Ikuti Pameran Produk Unggulan BUMDesa

Pertama. Jangan Terlalu Tinggi – Pilihlah sepatu atau sandal dengan hak yang tidak terlalu tinggi. Untuk ibu bekerja yang penuh aktivitas sepanjang hari, pilihan sepatu dengan tinggi hak maksimal 2 cm saja sudah cukup.

Sepatu tinggi membuat tulang belakang bekerja dua kali lipat untuk menjaga keseimbangan saat berdiri atau berjalan. Hal ini akan menyebabkan Anda cepat merasa lelah.

Baca Juga:  Bagi Penderita Asam Urat, Hindari 5 Makanan Ini

Kedua. Pilih Sol Sepatu yang Lebar – Cara memilih sepatu untuk ibu hamil selanjutnya yakni gunakan sepatu bersol besar. Beban perut ibu hamil bertumpu pada kaki. Untuk itu, pilihlah sepatu dengan sol atau ujung tumit yang cukup lebar.

Sol atau tumit sepatu yang terlalu ‘langsing’ atau menyempit akan sulit untuk memperingan kerja otot, tulang, maupun otot kaki. Akibatnya, saat berdiri atau berjalan, tubuh jadi kurang stabil.

Baca Juga:  Inilah Rahasianya Agar Tidak Sakit Saat Membawa Tas Besar

Ketiga. Fleksibel Mengikuti Bentuk Kaki – Pilih bahan sepatu yang tidak kaku, lunak, lembut, dan fleksibel mengikuti bentuk kaki. Selama masa kehamilan, bentuk kaki dapat membesar atau membengkak.

Untuk itu, hindari sepatu berujung runcing. Bila Anda menyukai model tersebut, pilih yang bertumit terbuka atau yang terbuat dari bahan yang lembut, seperti kain atau suede. (Red)