Calon Anggota Gempala Dibekali Pengetahuan PPGD

JABARNEWS | PURWAKARTA – Puluhan calon anggota Generasi Maniis Pecinta Alam (GEMAPALA) ikuti kegiatan Pra Diklatsar yang digelar di Pendopo Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta.

Ketua pelaksanaan kegiatan, M. Alfarizi, mengatakan, kegiatan diklatsar ini bertujuan untuk mencetak kader-kader baru pecinta alam yang mampu melaksankan kode etik pecinta alam.

“Sebanyak 25 peserta yang ikut dalam kegiatan ini, mereka adalah calon anggota Gemapala. Untuk meteri yang diberikan iyalah Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) yang di sampaikan oleh Arie Pradana Putra,” paparnya, Senin (26/11/2018).

Baca Juga:  Hari Ketiga Ops Zebra Lodaya, Polres Garut Temukan STNK Palsu

Ia menambahkan, Pengetahuan keterampilan dasar tentang pertolongan pertama gawat darurat (PPGD) sangat diperlukan bagi anggota Gemapala. Karena pertolongan pertama bisa menyelamatkan kondisi seseorang dari hal yang lebih fatal lagi.

“Pelatihan seperti ini sangat penting untuk bekal kesiapan menjaga keselamatan dalam melakukan berbagai kegiatan di alam bebas seperti di gunung dan hutan,” kata Alfarizi.

Baca Juga:  Bogor Alami Ledakan Kasus Covis-19, Disebabkan Karena Ini

Sementara, Arie Pradana Putra, yang menjadi pemateri pada kegiatan diklatsar tersebut,mengatakan materi PPGD sangat penting disampaikan sebagai proses pembelajaran, selain itu juga terjadi koordinasi para peserta sehingga dapat menyatukan pola pikir dan pola tindak dalam penanganan bencana serta musibah lainnya.

Baca Juga:  Soal Investasi Miras Yang Baru Disahkan Jokowi, Arie Untung Komentari Begini

“Kemungkinan untuk sembuh atau selamat akan lebih besar jika korban ditangani secepat mungkin, disinilah pentingnya PPGD. Pertolongan pertama yang diberikan pada korban akan sangat membantu paramedis dalam penanganan selanjutnya. Jadi dengan memakai dasar PPGD diharapkan dapat menanggulangi kecelakaan yang terjadi pada orang ataupun diri sendiri sehingga dapat menyelamatkan korban,” papar Arie. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat