Dana Desa Wujudkan Impian Warga Dusun Ciwalur

JABARNEWS | GARUT – Warga Dusun Ciwalur, Desa Mekarasih, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut merasa sumringah. Pasalnya berkat program dana desa impian membangun sumur Bor dan pipanisasi terwujud.

Pembangunan menggunakan anggaran pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) tahun 2018 itu, dijelaskan Kepala Dusun 1 Ciwalur Sandi pada Jabarnews, akan digunakan untuk membangun sumur Bor guna memenuhi kebutuhan air bersih warga Dusun Ciwalur sudah puluhan tahun kesulitan air.

Ia menambahkan, semula kebutuhan air bersih mereka peroleh dari daerah aliran sungai Cikadawung dari puncak Sangiang Gunung Cakrabuana. Puluhan tahun silam sebenarnya warga tidak pernah mengeluh dengan air bersih pasalnya ditempat itu terdapat Situ yang dikenal dengan situ “Cisitu” sayang situ itu kini hanya tinggal nama.

Baca Juga:  Bersiap, Pemerintah Bakal Rekruitmen 100 Ribu CPNS

Kemarau panjang pun membuat situ itu kering kerontang, kini dengan adanya pembangunan sumur bor. Ribuan warga dusun Ciwalur dijamin takkan mengandalkan lagi air dari musim hujan.

Sandi mengucap syukur dan trimakasih pada pemerintahan Joko Widodo, serta mentri Desa yang telah mengucurkan dana desa tersebut, sehingga mereka bisa memiliki sumur bor dan warga takkan kesulitan air lagi.

Baca Juga:  Selain Cengkeh, Daun Teh di Purwakarta Bakal Jadi Primadona

Senada dengan Sandi Kepala Desa Mekarasih Dadan Wildan, mengatasnamakan warga Desa Mekarasih mengucapkan trimakasih pada presiden RI Joko Widodo dan Mentri Desa Eko sandjojo, dengan dana Desa itu, mereka bisa membangun desanya untuk lebih maju dan mandiri. Selain itu ia pun mengucapkan trimakasih pada para pendamping Desa dan pendamping lokal Desa yang selalu mendampingi Desa Mekarasih.

Lanjutnya, Dadan telah membangun tiga titik bak penampung air yang nantinya akan disalurkan ke tiga kampung di dusun Ciwalur.

Baca Juga:  Terbuat Dari Kotoran, 3 Makanan Ini Dipercaya Baik Bagi Kesehatan

Keduanya merasa puas dan bahagia dapat wujudkan sarana air bersih untuk warganya. Sementara di bekas situ iapun akan membangun sarana Olahraga lapang futsal yang nantinya akan dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) Mekarmakmur yang dipimpin Cecep Iin Solihin.

Geliat membangun Desa oleh Dadan wildan ini, mendapat sambutan dan antusias warga Mekarasih. Karenanya ia semakin semangat wujudkan Desa Mekarasih yang mandiri dan bermartabat. (Tgr)

Jabarnews | Berita Jawa Barat