Foto Jurnalistik Di Mata Ridwan Kamil

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, membuka pameran foto jurnalistik dan launching buku Arke Kilas Balik Jabar karya jurnalis kantor berita Antara biro Jabar.

Ridwan Kamil yang juga penyuka fotografi mengapresiasi seluruh foto yang dipamerkan. Selain menginspirasi para jurnalis foto dan masyarakat, foto-foto tersebut juga merupakan fakta peristiwa yang terjadi di seluruh Jabar.

“Fotonya bagus semua. Mudah-mudahan menginspirasi jurnalis foto lainnya. Saya apresiasi dan ini harus dirutinkan, saya tawarkan juga pamerannya bisa digelar di Gedung Sate agar lebih luas dan lebih banyak masyarakat yang bisa melihat langsung,” ujar Gubernur yang akrab disapa Emil itu, saat peninjauan pameran di halaman Antara Biro Jabar, Jalan Braga, Bandung, Kamis (24/1/2019).

Baca Juga:  Kode Redeem ML 1 Agustus 2022, Menangkan Trial Skin Gratis

Bagi Emil, foto bukan hanya tentang teknik maupun teknologi tetapi momentum menjadi hal yang sangat penting.

“Bagi saya hari ini foto bukan hanya soal teknik, ketajaman atau teknologi tapi ceritanya, kualitas fotonya mungkin kurang tapi momentumnya pas,” kata Emil.

Baca Juga:  Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Ketahuan

Menurutnya, Antara sebagi kantor berita yang mensuplai berita dan foto ke media lain tentunya harus menjadi referensi. Oleh karena itu berita dan fotonya dituntut harus lebih baik.

“Tentu kalau menjadi referensi itu kan harus lebih bagus dari yang memintanya maka harus berkualitas,” ucapnya.

Kepala Biro Antara Jabar, Zaenal Abidin, menuturkan, awalnya, terkumpul sebanyak 3 ribu foto yang masuk tahapan seleksi. Namun setelah melalui proses kurasi terkumpulah 240 foto dan yang dipamerkan kali ini sebanyak 44 foto jurnalistik.

Baca Juga:  Manfaat Asam Folat Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mencegah Anemia

“Ada 3 ribu foto tapi setelah lolos kurasi oleh Oscar Matullah yang terkumpul sebanyak 240 foto dan yang dipamerkan 44 foto,” ujarnya.

Pihaknya berkomitmen untuk terus menyumbangkan segala kemampuan jurnalistiknya khususnya foto untuk sumbangsih Jawa Barat.

“Mudah-mudahan pameran foto ini bisa bersinergi dengan Pemprov Jabar dan bisa merekam sejarah hari ke hari di Jabar,” kata Zaenal. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat