Gunung Terkecil Di Dunia Ada Di China

JABARNEWS |SHOUGUANG – Ternyata, di Shouguang, Provinsi Shandong, China, terdapat gunung terkecil di dunia. Gunung ini hanya setinggi 0,6 meter.

Dilansir laman odditycentral dan kapanlagi, Gunung Jingshan jadi simbol keyakinan dan jadi daya tarik untuk turis lokal. Konon, Gunung Jingshan telah ada sejak 100 tahun lalu.

“Dimensi dan ukurannya memang memancing untuk ditertawakan. Namun, Jingshan dipercaya sebagai ujung dari sebuah gunung yang terkubur di bawah tanah,” tulis laman itu.

Baca Juga:  Raih Google Play Best Game of 2023, Kualitas Gim Indonesia Makin Kompetitif

Zaman dulu, banyak orang mencoba menggali untuk mengetahui ketinggian Gunung Jingshan.

Zheng Binhai, kurator pertama dari Shouguang Bo Museum, mengungkapkan, selama masa pemerintahan Mao Zedong, ada sejumlah orang yang diperintahkan untuk menggali tanah di sekitar Jingshan. Mereka ingin membuktikan jika itu bukanlah gunung. Setelah menggali beberapa meter dan tak bisa menemukan dasar dari gunung tersebut, mereka lalu menyerah.

Baca Juga:  Edarkan Ganja, Seorang Pemuda Pematang Siantar Ditangkap Polisi

Lalu, pada 1958, seseorang mencoba kembali untuk menggali tanah di sekitar Jingshan.

“Lagi-lagi gagal untuk menemukan dasar dari gunung Jingshan. Akhirnya sejak saat itu, batu besar tersebut diakui sebagai sebuah gunung yang dikenal dengan nama Jingshan,” ujarnya.

Baca Juga:  Minggu Tenang, Tak Ada Kampanye

Melihat pentingnya Gunung Jingshan untuk destinasi wisata, penguasa di China mengeluarkan peraturan untuk tidak menggali tanah di sekitar gunung mungil itu, membangun bangunan, atau merusaknya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat