Hari Ini Mahasiswa Ultimatum Presiden Jokowi selama 7 x 24 Jam, Begini Isi Tuntutannya

Unjuk rasa mahasiswa menolak RKUHP beberapa tahun lalu. (foto: istimewa)

JABARNEWS | JAKARTA – Mahasiswa rencananya hari ini akan menggelar unjuk rasa di Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat. Mereka mempersoalkan rancangan KUHP yang dianggap masih bermasalah.

Unjuk rasa ini bertepatan dengan hari ulang tahun Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ke-61 tahun. Dalam tuntutannya, para mahasiswa mengultimatum Presiden Jokowi dan DPR untuk membuka draf Rancangan KUHP dalam waktu 7 x 24 jam.

Baca Juga:  Jokowi Minta Isu Penundaan Pemilu Dihentikan, Lalu Siapa yang Ngotot Ingin 3 Periode?

Apabila ‘somasi’ ini tidak diindahkan, para mahasiswa mengancam akan menggelar demonstrasi besar. Mahasiswa menyatakan, aksi simbolik kali ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian mereka agar naskah RKUHP segera ditolak demi kepentingan masyarakat

Baca Juga:  DPRD Jabar Temukan Perbedaan Status Lahan Kritis di Kabupaten Bandung

Sementara Ketua BEM UI, Bayu Satrio Utomo mengantakan, aksi ini tidak terbatas diikuti oleh mahasiswa UI saja, melainkan bersama unsur lain juga. Mereka tergabung dalam Aliansi Nasional Reformasi KUHP.

Rencananya, demonstrasi digelar di Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, Selasa (21/6) besok, pukul 14.00 WIB.

Baca Juga:  Jelang Pilgub Jabar 2024, Hasil Survei Tunjukan Dedi Mulyadi Lebih Unggul dari Ridwan Kamil Soal Ini

Dalam aksinya besok, para mahasiswa rencananya akan memberi hadiah ulang tahun kepada Jokowi berupa ‘somasi RKUHP’. Isi somasi tersebut berupa pernyataan sikap yang memuat desakan membuka draf RKUHP terbaru, bukan draf RKUHP tahun 2019 sebagaimana yang sekarang telah beredar.