Hey Perempuan, Hati-hati Memilih Kosmetik

JABARNEWS | SUKABUMI – Bagi kalangan wanita, harus berhati-hati dalam memilih kosmetik. Terlebih bagi mereka yang tinggal di Kota Sukabumi. Saat ini, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi sedang mengawasi outle penjualan kosmetik di wilayah tersebut.

Hal ini dilakukan, lantaran saat ini jumlah pengguna dan jenis kosmetik semakin banyak beredar, sehingga harus dipastikan aman dari segi kesehatan saat digunakan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Ritanenny Edlien Silyena Mirah menjelaskan, kendati pengawasan kosmetik yang dijual itu merupakan kewenangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), namun sebagian tugasnya dilimpahkan ke daerah. Salah satunya pengawasan kosmetik di Kota Sukabumi.

Baca Juga:  Atasi Masalah Pendidikan Pemkab Tasikmalaya Bentuk Satgas Wajar

“Sekarang ini, kosmetik bisa ditemukan dengan mudah, baik di pedagang kaki lima, mall, dan tempat pembelanjaan lainnya di Kota Sukabumi. Selain itu, penggunaan kosmetik tidak bisa dilepaskan dari seorang perempuan. Makanya tempat penjualan itu kami harus awasi untuk memastikan kesehatannya sehingga aman digunakan,” jelasnya.

Selain jenis kosmetik semakin bertambah, lanjutnya, penggunanya pun tidak hanya pada kalangan wanita usia dewasa. Makanya, untuk mengedukasinya Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan pembinaan dan sosialiasi dengan harapan konsumen kosmetik dapat cerdas dan bijaksana.

Baca Juga:  BIJB Hadir, Majalengka Bakal Jadi Primadona

“Remaja dan pelajar sekarang ini sudah mulai mengunakan kosmetik, maka dari itu untuk memberikan pengetahuannya kami kumpulkan semua kalangan masyarakat ini, Sehingga jangan sampai mereka menggunakan kosmetik yang asal-asalan,” ujarnya.

Adapun untuk pengawasan dilapangan, hingga saat ini masih terfokus pada kosmetik yang dijual di apotek-apotek. Pihaknya memeriksa mulai dari kemasan, label,izin edar dan tenggang waktu kedaluwarsa. Selain itu, untuk pengaduan secara formal hingga saat ini belum ditemukan.

“Sebelumnya, kami melakukan pengawasan secara global saja tidak fokus ke kosmetik, namun kedepan untuk memastikan kesehatan dan keamanan masyarakat kami bakal melakukannya,” tukasnya.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini, Jangan Terlalu Khawatir Leo

Sementara itu, Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mengimbau kepada pengguna kosmetik, khususnya kaum milenial dapat cerdas dalam memilih produk. Artinya, harus selalu ingat cek kemasan,label,izin edar dan edaluwarsa sebelum membeli atau mengkonsumsi produk.

“Penggunaan kosmetika seyogyanya harus didukung pula oleh pemilihan produk kosmetika yang aman, bermutu dan bermanfaat serta waspada dan selektif dalam memilih dan menggunakan kosmetik,” pungkasnya. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat