Ini Manfaat Mengkonsumsi Buah Jeruk dan Efek Sampingnya bagi Kesehatan Ginjal

Manfaat mengkonsumi buah jeruk.
Manfaat mengkonsumi buah jeruk. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Hingga saat ini jeruk dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Tak hanya itu, buah berbentuk bulat ini juga mengandung beragam gizi lainnya, diantaranya vitamin A, karbohidrat, serat, protein, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, folat, serta kolin.

Baca Juga:  Pancasila Memposisikan Tuhan Sebagai Pusat Kehidupan

Menkonsumsi jeruk ada yang dilakukan secara langsung dengan memakan buahnya, namun ada juga dengan diolah terlebih dahulu, seperti jus atau lainnya.

Praktisi kesehatan, dr. Zaidul Akbar menilai, mengkonsumsi jeruk secara langsung dengan yang diolah memiliki perbedaan.

Melalui akun Instagramnya, dr. Zaidul Akbar mengatakan, mengkonsumsi buah-buahan dengan cara diolah dengan di jus , akan membuat kadar gula dalam buah tersebut setelah di jus akan meningkat. Dengan kata lain akan terjadi lonjakan glukosa dan hukum gula pada tubuh. Hal akan tetap berlaku jika terus-terusan seperti itu, meski gulanya berasal dari gula buah (yang sehat tentunya). Lalu apa hukumnya?

Baca Juga:  Jarang Orang Tahu, Ini 5 Manfaat Buah Lemon

“Jika tidak dipakai, ya akan disimpan dalam tubuh dalam bentuk glikogen atau lemak, jika terus menerus tubuh berlebihan gula tadi,” jelas dr. Zaidul Akbar melalui akun Instagramnya.

Baca Juga:  Tujuh Buah dengan Karbohidrat Tinggi dan Sederet Manfaatnya