Kulit Cenderung Kusam? Simak 6 Perawatan Kulit Ini Agar Terlihat Cerah!

Sumber: Pexels/ Shiny Diamond

JABARNEWS | BANDUNG – Kulit wajah yang sehat, cerah, dan bercahaya merupakan tujuan dari perawatan kulit. Namun, untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan bercahaya tidak semudah itu. Pernahkah kalian terpikir, sudah mengeluarkan tenaga dan materi untuk membeli rangkaian perawatan kulit atau skincare tapi pada kenyataannya kulit masih terlihat lelah, kusam, kering, bergaris kerutan, bahkan berjerawat?

Perlu diketahui, kulit manusia juga memiliki siklus seperti terus-menerus melepaskan sel-sel mati. Setelah melepaskan sel kulit mati, sudah menjadi kewajiban untuk segera dibersihkan. Selain itu, kondisi kulit wajah juga dipengaruhi oleh gaya hidup masing-masing.

Oleh karena itu, sekalipun sudah dirawat, tetap tidak akan bekerja dengan baik bahkan berakibat fatal jika tidak dirawat dari luar dan dalam. Lalu, bagaimana jika kulit sudah terlanjur kusam? Tidak ada kata terlambat! Di sini kami akan menguraikan cara untuk memberikan perawatan yang tetap baik untuk menanggulangi kulit kusam dan beberapa hal yang harus diperhatikan demi mendapatkan kulit yang cerah bercahaya.

Cara Memberikan Perawatan yang Tepat Agar Kulit Menjadi Cerah

1. Perbanyak Minum Air Putih

Tubuh yang dehidrasi alias kurang cairan akan menyebabkan penurunan volume aliran darah dan berimbas pada kesehatan kulit. Tak jarang jika seseorang yang jarang minum air putih wajahnya akan terlihat pucat dan terkesan sedang sakit.

Kita dianjurkan untuk minum air putih agar terhidrasi dalam upaya perawatan kulit jangka panjang. Dengan minum air putih setidaknya delapan gelas per hari akan mencegah kerusakan permanen pada kulit, seperti timbul garis-garis halus, kulit kendur, kulit bersisik, dan kerutan akibat dari dehidrasi kronis yang parah. Yuk, mulai sekarang ganti minuman berwarna, apalagi minuman yang mengandung gula dan kafein dengan air putih!

Baca Juga:  Iko Uwais Dilaporkan ke Polisi, Ini Kasus yang Menjeratnya

2. Rajin Eksfoliasi 1 Hingga 2 Kali Setiap Minggu

Seperti telah dibahas sebelumnya, kulit manusia mengalami pengelupasan sehingga menghasilkan sel-sel kulit mati. Apabila dibiarkan saja tanpa dibersihkan, sel-sel kulit mati tersebut akan menumpuk di permukaan kulit dan akan menimbulkan beberapa masalah seperti kulit kusam hingga jerawat.

Apakah dengan mencuci wajah setiap hari sudah mewakilkan pembersihan sel-sel kulit mati? Ternyata belum cukup! Sel-sel kulit mati tidak hanya berdiam diri pada permukaan lapisan kulit luar, melainkan juga di tengah hingga dalam yang tidak dapat dijangkau oleh gosokan jari-jari tangan dan face wash. Jadi, di sinilah tugas eksfoliasi untuk segera bekerja, yang mana diperuntukkan sebagai regenerasi kulit.

Eksfoliasi penting dilakukan setidaknya satu hingga dua kali dalam satu minggu untuk membantu mengurangi kerusakan kulit dan kulit wajah terlihat kusam akibat paparan sinar matahari dan polusi yang menyebabkan penumpukan kotoran pada wajah.

Kini, banyak brand skincare yang merilis berbagai formula yang bermanfaat untuk mengeksfoliasi kulit. Mulai dari masker wajah berupa krim, peeling mask, hingga scrub. Jangan lupa, karena eksfoliasi umumnya berbahan kimia yang kuat, wajib untuk kalian menggunakan tabir surya minimal SPF 30+ di pagi hari, ya!

3. Wajib Pakai Moisturizer Setiap Hari

Merasa kulit tidak perlu pelembap atau moisturizer karena kondisi kulit wajah sangat berminyak? Atau merasa tidak nyaman karena dirasa terlalu berat setelah diaplikasikan ke kulit wajah? Eitss, pemikiran seperti itu harus dikesampingkan. Jika diibaratkan, manusia membutuhkan asupan makanan sebagai nutrisi untuk memberikan energi, begitu pula dengan kulit yang membutuhkan melalui moisturizer.

Meskipun di luar terlihat berminyak dan cukup ternutrisi, belum tentu di dalamnya demikian. Jika dibiarkan, kulit yang tidak ternutrisi akan ‘kelaparan’ yang jangka waktu panjang akan rentan timbul kerutan halus. Menggunakan moisturizer setiap pagi dan sore mengisi celah akan menghasilkan lemak alami kulit, kemudian menciptakan permukaan yang halus.

Baca Juga:  Ingin Libur Bersahaja? Lakukan Cara Prouktif Ini

Carilah pelembap dengan bahan-bahan ringan seperti ceramide untuk membantu memperbaiki fungsi penghalang kulit dan meningkatkan retensi air, atau asam hialuronat, yang membuat sel-sel kulit menjadi lebih padat dengan menarik air.

4. Hindari Stres

Menurut Debra Luftman M. D., seorang ahli dermatologi asal Beverly Hills, stres menyebabkan hormon kortisol meningkat, yang secara negatif dapat mempengaruhi aliran darah ke kulit dan perbaikan kulit. Jadi, manajemen stres itu penting demi mendapatkan kulit yang cerah.

Mulai sekarang, coba luangkan beberapa menit per hari (atau lebih!) untuk meredakan stres. Seperti dengan mengikuti kelas sesi yoga, mengatur pernapasan pada pagi hari, atau berendam di bak mandi aroma terapi untuk efek relaksasi. Jika pikiran kalian lebih damai, tentu kulit akan lebih sehat dan bercahaya dari waktu ke waktu.

5. Tidur yang Cukup

Selain kita membutuhkan eksfoliasi sebagai regenerasi kulit, ada cara lain yang lebih singkat dan mudah dilakukan, yakni tidur yang cukup. Ketika kalian sedang tidur, di sanalah sel-sel kulit sedang istirahat, memperbaiki diri, dan regenerasi. Jika waktu tidur kalian singkat atau berubah-ubah, sel-sel kulit tidak dapat bekerja secara optimalnya.

Baca Juga:  Buat Pencinta Kopi, Datang Ke Taman Pasanggrahan Pajajaran Minggu Nanti

Upayakan waktu untuk tidur sekitar tujuh hingga sembilan jam setiap hari. Jangan lupa gunakan rangkaian skincare untuk menstimulasi pembentukan kolagen saat sedang tertidur, ya.

6. Upayakan Berada di Lingkungan yang Sehat

Beberapa faktor lingkungan seperti polusi udara, kelembapan suhu yang rendah, angin kencang dan paparan sinar UV dari matahari dapat membuat kulit kalian menjadi kusam dan tak terlindungi. Sinar UV matahari yang ganas dapat menimbulkan garis-garis halus dan bintik hitam.

Untuk menyikapi lingkungan demikian, hal yang kalian dapat upayakan adalah tetap rajin membersihkan wajah setiap malam ketika hendak tidur. Upaya berikutnya yaitu menggunakan tabir surya SPF 30+ untuk melindungi dari sinar UV dan polusi, ditambah dengan produk antioksidan seperti serum setiap pagi dan malam untuk menangkal efek radikal bebas.

Pilih juga antioksidan yang efektif seperti vitamin C, teh hijau dan putih, dan resveratrol.  Selain itu, upayakan untuk berolahraga secara teratur untuk membantu membuang racun dari sel-sel kulit mati lewat keringat. Lakukan secara rutin karena kebiasaan baik juga akan membuat tubuh sehat dan kulit pun jadi lebih cerah.

Sekian pembahasan enam perawatan kulit wajah yang tepat untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah. Semoga ke depannya dapat kalian terapkan dan menjadi gaya hidup sehari-hari.**