Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan, Mengatur Kadar Gula Darah hingga Perawatan Wajah

Cuka apel
Cuka apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. (foto: istimewa)

Mengatur Kadar Gula Darah:

Cuka apel dapat membantu mengatur kadar gula darah. Menurut RS Siloam, cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang berperan dalam mengubah glukosa menjadi sumber energi dalam tubuh. Selain itu, cuka apel juga dapat memperlambat pelepasan gula dari makanan, sehingga menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Baca Juga:  Jabarnews Resmi Jadi Media Partner Indonesia Idol 2023, Ajak Penyanyi Muda di Jawa Barat Berkancah di Tingkat Nasional

Perlindungan dari Mikroorganisme Berbahaya:

Cuka memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari bakteri, kuman, dan jamur yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, cuka apel sering digunakan sebagai agen disinfektan dan dalam pengobatan masalah seperti jamur kuku, kutil, atau infeksi telinga.

Perawatan Kulit Wajah:

Baca Juga:  Fariz RM Ditangkap Di Depan Keluarga

Kandungan asam asetat dalam cuka apel dapat digunakan sebagai eksfoliator alami untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati dari wajah. Bahkan, campuran larutan cuka sari apel yang diencerkan dengan sedikit air dapat membantu mengatasi jerawat. Namun, manfaat cuka apel untuk jerawat perlu diteliti lebih lanjut.

Penurunan Berat Badan:

Baca Juga:  Inilah Kandungan Buah Apel, Diyakini Bisa Menurunkan Berat Badan

Menurut Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa cuka apel dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori atau camilan yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Efek plasebo cuka apel juga dapat membuat beberapa orang merasa kenyang lebih cepat dan mengurangi nafsu makan, sehingga membantu menurunkan berat badan.