Mengatasi Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasinya untuk Kesehatan Jangka Panjang

Ilustrasi kolesterol tinggi dan cara mengatasinya
Ilustrasi kolesterol tinggi dan cara mengatasinya. (foto: istimewa)

Menjaga Berat Badan yang Sehat

Berat badan berlebih dapat berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL). Mengelola berat badan yang sehat melalui pola makan seimbang dan olahraga teratur adalah kunci penting untuk mengatasi kolesterol tinggi. Jika Anda memiliki kelebihan berat badan, berkonsultasilah dengan ahli gizi atau dokter untuk merancang program penurunan berat badan yang aman dan efektif.

Baca Juga:  5 Manfaat Buah Tin Bagi Tubuh, Dapat Mencegah Kanker dan Diabetes

Hindari Merokok dan Minuman Beralkohol

Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat memengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Merokok dapat merusak dinding pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga:  Turunkan Kolesterol Tinggi dengan 3 Tanaman Herbal Ini

Sementara itu, alkohol dalam jumlah yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar trigliserida. Maka, menghentikan kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol secara terbatas atau tidak sama sekali sangat dianjurkan.

Konsultasikan dengan Dokter

Jika Anda telah melakukan perubahan gaya hidup yang sehat namun kadar kolesterol Anda masih tinggi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan saran yang tepat. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan khusus untuk mengendalikan kadar kolesterol. (red)

Baca Juga:  Infrastruktur dan Jumlah Penduduk Jadi Alasan Jabar Selalu Juara Investasi