Mengenal Khilafatul Muslimin, Organisasi Pengusung Khilafah yang Kini Jadi Sorotan

Konvoi kelompok Khilafatul Muslimin. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Khilafatul Muslimin kembali menjadi perbincangan. Hal ini menyusul aksi konvoi yang dilakukan anggotanya di sejumlah daerah.

Di balik aksi konvoi tersebut, Khilafatul Muslimin disebut sedang mencari dukungan terhadap penegakan khilafah. Lalu seperti apa organisasi khilafah Khilafatul Muslimin?

Informasi yang dihimpun, Khilafatul Muslimin merupakan sebuah organisasi keagamaan yang mengusung ideologi khilafah.

Dilansir dari Wikipedia, Khilafatul Muslimin didirikan oleh Abdul Qadir Baraja pada 1997 dan berpusat di Lampung. Pendirinya adalah sahabat dari abu bakar baasyir yang pernah ditahan pada tahun 1979 karena keterlibatannya dalam kelompok warman dan tahun 1985 karena terkait pengeboman borobudur.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 1 Juli 2022, Pemilik Rasi Bintang Pisces dan Aries

Tak hanya itu, BNPT menyebut bahwa pendiri organisasi ini pernah bergabung dengan NII yang ingin mendirikan negara agama dan mempunyai visi yang sama dengan HTI.

Mereka ini sering bertaqiyah (berbohong) untuk merekrut anggotanya. Bahkan beberapa lembaga menyebut bahwa organisasi tersebut merupakan pendukung ISIS di Indonesia pada tahun 2014.

Organisasi ini memiliki struktur paling tertinggi yakni Khalifah Pusat. Sementara itu, struktur di bawah Khalifah Pusat berturut-turut yakni Daulah, Ummul Qura hingga terendah Kemasulan.

Baca Juga:  117 Anggota Khilafatul Muslimin di Purwakarta Berikrar Setia Terhadap NKRI dan Pancasila