Penderita Radang Kulit Ini Tidak Boleh Mandi Air Panas? Begini Alasannya

Penyakit peradangan kulit
Penderita penyakit peradangan kulit kronis atau Psoriasis disarankan tidak boleh mandi air panas. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ PURWAKARTA – Penyakit peradangan kulit kronis atau Psoriasis bisa membuat penderitanya mengalami pergantian kulit terlalu cepet. Banyak yang menganggap, pengidap Psoriasis ini tidak boleh mandi air panas. Apakah ini benar?

Dilansir dari akun Halodoc Indonesia, penyakit psoriasis ini tidak menular antarmanusia. Namun sayangnya, penyakit ini tidak bisa disembuhkan.

Baca Juga:  Kompetisi Hackhaton 2019: HackBDGWeather, Tiga Tim Jadi Pemenang

Lalu bagaimana dengan ciri-ciri penyakit Psoriasis ini. Ciri-ciri penyakit kulit ini ditandai dengan bercak merah pada bagian kulit tertentu. Kulit pun Nampak bersisik. Selain itu muncul rasa gatal di kulit, bahkan berdarah. Kulit pun terasa kering dan pecah-pecah.

Lalu apakah benar pengidap psoriasis tidak boleh mandi air panas?

Baca Juga:  Awas! Inilah Makanan Yang Paling Berbahaya Untuk Asam Urat

Pengidap psoriasis memang disarankan tidak boleh mandir air panas. Bahkan sebaiknya dihindari. Alasannya, mandi air panas dalam waktu lama bisa bikin kulit makin kering. Dampaknya, psoriasis bisa makin melebar. Tak hanya itu, gejalanya pun bisa makin buruk.

Baca Juga:  Sopir Mengantuk, Empat Orang Tewas di Kecelakaan Tol Cipali Km 107

Lalu bagaimana mengatasi penyakit psoriasis ini? Agar gelaja penyakit kulitnya tidak memburuk, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya menghindari menggosok terlalu keras pada bagian kulit yang terkena psoriasis.

Lalu gunakan sabun khusus kulit sensitif. Penderita psoriasis pun dianjurkan menggunakan handuk halus saat mengeringkan kulit.