Perekaman KTP-El Di Kabupaten Bandung Barat Sasar Sekolah

JABARNEWS | KAB. BANDUNG BARAT – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat akan mempercepat perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) ke beberapa sekolah untuk memenuhi hak suara para pemilih pemula.

Hal ini karena banyak warga KBB terutama usia remaja yang masih belum memiliki KTP-el. Terlebih, fungsinya akan mempermudah syarat administrasi para pelajar.

“Kita ingin mempercepat perekaman KTP-el terutama untuk bagi warga berusia 17 tahun. Rencananya akan mendatangi sejumlah SMA dan SMK se-Kabupaten Bandung Barat,” tuturnya saat ditemui di Komplek Pemerintahan KBB, Jumat (25/01/2019).

Baca Juga:  Petani Jabar Enggan Tanam Bawang Putih

Dalam waktu dekat, kata dia, pihaknya akan menjadwalkan perekaman sebelum berlangsungnya Pilpres dan Pileg Maret nanti. Selain itu, para pelajar juga dapat mengurus dokumen Surat Izin Mengemudi (SIM). “Untuk mempermudah warga mengurus dokumentasi terkait kependudukan. Upaya Jemput Bola tersebut sudah mulai digalakkan sejak tahun lalu,” ungkapnya.

Baca Juga:  KPU Ciamis Tetapkan Herdiat-Yana Paslon Bupati-Wabup Ciamis Terpilih

Sejauh ini, perekaman sudah dilakukan di sejumlah SMA/SMK, di antaranya di Cipatat, Padalarang, Cisarua Cikalongwetan dan Cipeundeuy. Setiap sekolah yang dikunjungi dibagi dua hari tahap perekaman untuk menargetkan sekitar 200 orang.

Ia menambahkan, untuk menjaring beberapa wilayah pelosok sekitar KBB dalam merekam data saat ini program “Si Darling” atau kendaraan keliling untuk melakukan perekaman. Lanjut, ia meminta agar desa dapat berperan aktif dalam program tersebut.

Baca Juga:  Imigrasi Cirebon, Amankan WNA Asal Malaysia

“Mengacu pada aturan UU No 24 Tahun 2013 tentang administrasi kependudukan merupakan hal utama bagi setiap warga negara,” pungkasnya. (Afr)

Jabarnews | Berita Jawa Barat